Jakarta (ANTARA) — Sebagai upaya meningkatkan kepuasan pelanggan, produsen mesin kopi dan bahan baku, Toffin Indonesia, meluncurkan aplikasi Toffin App©. Dengan satu aplikasi, pelanggan bisa berbelanja semua kebutuhan kafe & restoran, konsultasi bisnis secara gratis, belajar barista, belajar pembuatan menu kafe, hingga jasa layanan perbaikan dan perawatan.
 
“Dengan aplikasi Toffin App©, pelanggan bisa menikmati pelayanan lengkap, yang sebelumnya hanya bisa dinikmati secara offline, kini bisa di dapatkan melalui sentuhan jari,” ujar Tony Arifin, Founder & CEO Toffin Indonesia.
 
Tony menjelaskan, Toffin App© dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang mendukung pelanggan dalam menemukan produk yang terbaik. Contohnya, fitur Artificial Intelligence Technology (AI) Recommendation yang berbasis teknologi AI, digunakan untuk memberikan rekomendasi produk berdasarkan preferensi individual pelanggan.
 
Pelanggan bisa mendapatkan rekomendasi produk seperti mesin kopi, mesin gelato, peralatan dapur profesional, hingga beragam bahan baku yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
 
 “Inovasi ini merupakan komitmen Toffin untuk memberikan layanan terbaik dengan memanfaatkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan menemukan produk yang tepat,” jelas Tony.
 
Teknologi AI juga dimanfaatkan dalam fitur Toffin GPT Smart Assistant yang digarap dengan teknologi OpenAI GPT-3.5 Turbo. Teknologi ini memberikan akses bagi pelanggan yang ingin bertanya seputar permasalahan mesin ringan, kreasi hingga rekomendasi menu yang cocok untuk bisnis. Fasilitas yang dulu hanya tersedia di Toffin showroom, kini bisa dinikmati melalui layar handphone.
 
Lebih lanjut, Tony menjelaskan bahwa teknologi pintar AI di dalam aplikasi akan dikembangkan secara berkelanjutan sehingga bisa memberikan penawaran yang lebih komprehensif dan bisa menjawab pertanyaan dengan lebih rinci.
 
Dengan semakin banyaknya data yang terkumpul dan teknologi AI yang semakin maju, teknologi ini diharapkan bisa mahir dalam menjawab berbagai pertanyaan yang lebih spesifik mengenai kopi, gelato, restoran juga berbagai aspek lainnya di industri F&B.
 
“Keberlanjutan perkembangan teknologi ini dilakukan agar pelanggan bisa mendapatkan informasi yang paling baru dan paling utama dengan berbagai pilihan layanan kategori produk yang semakin meluas,” jelas Tony.
 
Sementara itu, Heru Sutadi, Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute, menjelaskan bahwa Toffin App© merupakan adopsi industri 4.0 yang di bisnis F&B. Menurutnya, aplikasi ini membuat pelanggan semakin nyaman & mudah dalam berbisnis. Fitur AI di dalam aplikasi, akan membantu pemilik bisnis menemukan solusi terhadap masalah yang dihadapi.
 
“Aplikasi ini diharapkan bisa meningkatkan industri F&B Indonesia ke depannya, mengingat industri ini cukup dinamis dan transformasi digital perlu dilakukan. Apalagi layanan di dalamnya cocok dengan milenial dan gen X yang jumlahnya cukup besar dan menjadi digital native,” jelas Heru.
 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023