... promosikan kebudayaan, musik, terutama pianis musik klasik kawasan ASEAN sehingga industri musik Indonesia mendapat tempat di dunia Internasional... "
Jakarta (ANTARA News) - Jakarta menjadi tuan rumah kompetisi piano tingkat internasional yakni Jakarta International Open Piano Competition 2013 (JIOPC 2013), pada 19-21 Juli 2013, di Balairung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta. 

Diharapkan, kegiatan ini dapat memfasilitasi pianis muda berbakat untuk berkompetisi sehingga melahirkan pianis-pianis profesional. 

"Mempromosikan kebudayaan, musik, terutama pianis musik klasik kawasan ASEAN sehingga industri musik Indonesia mendapat tempat di dunia Internasional," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar.

Pada kompetisi itu, kategori yang dipertandingkan yakni mulai usia 6 tahun sampai 23 tahun atau dibagi dalam kelompok umur/kategori usia.

Event yg dilaksanakan dua tahun sekali ini merupakan pengembangan dari Jakarta Open Piano Competiiton 2011 dimana pada tahun ini event ini menaikkan kualitas kompetisi menjadi Jakarta International Open Piano Competition 2013.

"Hal ini ditandai dengan menghadirkan beberapa juri dari negara tetangga di antaranya Singapura dan Malaysia," katanya.

Peserta akan berkompetisi dengan memainkan karya-karya Bach, Beethoven, Mozart, Chopin, Haydn, Mendelssohn, dan komponis-komponis lainnya di masa romantik.

Sejumlah juri dihadirkan, di antaranya Levi Gunardi, Iswargia R Sudarno, dan Johannes S Nugroho, peraih penghargaan tertinggi dengan gelar sarjananya dari Towson University dan meraih program Doctor of Music dari Indiana University. 

Juga Ng Chong Lim Pianis dari Malaysia, dan Albert Tiu, Associate Proffesor of Piano di Yong Siew Toh, Singapura.

Gala Concert Winners akan digelar pada 21 Juli 2013 pukul 19.30 WIB, beberapa pianis dan konduktor ternama akan tampil di antaranya Jakarta Concert Orchestra dan Avip Priatna.

Mereka akan menampilkan beberapa karya antara lain Overture Figaro dan Un Aura Amorosa, yang juga akan berkolaborasi dengan Farman Purnama, salah satu Solo Tenor berbakat yang saat ini berdomisilidi Belanda.

(H016)

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013