Jakarta (ANTARA) -
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md. menyampaikan belasungkawa atas wafatnya mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo.

"Beliau teman baik saya. Saya mendoakan untuk dia," kata Mahfud saat dijumpai wartawan pada acara Dialog Kebangsaan di Pondok Pesantren Annida Al Islamy, Bekasi, Senin (4/12) malam.

Sejak dilantik sebagai kepala BNPB pada bulan Januari 2019, Doni Monardo menggagas pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang kemudian menjadi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 pada Maret 2020.

Mahfud mengatakan bahwa mendiang merupakan teman baiknya. Dia tidak sempat melayat, tetapi sudah mengirimkan karangan bunga pada saat mendiang sakit dan saat mendiang dinyatakan meninggal dunia.

"Saya baru pulang tadi pagi (Senin pagi) dari Jawa Timur sehingga tadi (Senin) malam juga tidak sempat ke rumah. Begitu sampai di Jakarta tadi, kemudian saya harus melaksanakan tugas yang tidak bisa ditunda. Tapi saya sudah kirim karangan bunga dua kali," kata dia.​​​​​​​

Baca juga: Kepala BNPB: Sosok Doni Monardo jadi teladan
Baca juga: Mensos nilai Doni Monardo layak diusulkan sebagai pahlawan nasional


Doni Monardo meninggal dunia pada hari Minggu (3/12) sekitar pukul 17.35 WIB. Pada hari Senin (4/12) pagi sekitar pukul 08.00 WIB, jenazah Doni Monardo dilepas secara militer dari rumah duka ke Mako Kopassus Cijantung dengan dipimpin Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad) Letjen TNI Arif Rahman sebagai inspektur upacara.​​​​​​​

Doni Monardo dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Senin. Upacara pemakaman Doni Monardo itu dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023