Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora dalam sepekan terakhir masih menarik untuk disimak pada Minggu (9/12), mulai dari pemakaman mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI (Purn) Doni Monardo hingga kenaikan COVID-19 di Indonesia.  

Selain itu ada warta mengenai banjir lahar pascaerupsi Gunung Marapi, tenaga cadangan kesehatan, desakan RUU Pengasuhan Anak, serta ditemukannya 181 jenis kosmetik berbahan terlarang.

Berikut sejumlah berita pilihan sepekan;

- Jenazah Doni Monardo tiba di TMP Kalibata

Jenazah mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI (Purn) Doni Monardo tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin.

- Pakar: Kenaikan COVID-19 di Indonesia perlu diwaspadai

Pakar Pulmonologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan tren peningkatan laju kasus COVID-19 di Indonesia dan sejumlah negara lain masih perlu diwaspadai, meski secara global menurun.

- Banjir lahar terjang Kabupaten Tanah Datar pascaerupsi Gunung Marapi

Banjir lahar menerjang beberapa kawasan di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar), pada Selasa malam, pascaerupsi Gunung Marapi.

- Kemenkes latih kompetensi tenaga cadangan kesehatan berstandar WHO

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI meningkatkan kompetensi tenaga cadangan kesehatan untuk memenuhi standar global yang disyaratkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

- Cegah kasus Jagakarsa berulang KPAI desak RUU Pengasuhan Anak disahkan

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terus mendorong agar Rancangan Undang-undang Pengasuhan Anak untuk segera disahkan, salah satu tujuannya untuk melindungi anak-anak dari situasi yang membahayakan.

- BPOM temukan 181 jenis kosmetik berbahan terlarang

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan 181 jenis kosmetik yang mengandung bahan baku terlarang sepanjang September 2022 hingga Oktober 2023.

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023