pegawai diinstruksikan untuk mengadopsi protokol keamanan yang ketat
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Barat menyosialisasikan kepada pegawai minimarket di wilayah cabang Cikokol, Tangerang, mengenai pencegahan aksi kriminalitas, Selasa.

Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Sarly Sollu menyebut sosialisasi tersebut dilakukan guna memberikan perlindungan terhadap pegawai usaha minimarket, khususnya wilayah cabang Cikokol, terhadap berbagai aksi kejahatan seperti pencurian, penggelapan, dan penyimpangan.

"Polres Jakbar fokus pada peningkatan kesadaran dan kewaspadaan para pegawai minimarket dengan melibatkan strategi pencegahan yang efektif, memberikan wawasan mendalam terkait modus operandi yang umumnya digunakan oleh pelaku kejahatan di minimarket," kata Sarly dalam keterangan tertulisnya pada Selasa.

Dalam sosialisasi tersebut, kata Sarly, para pegawai diinstruksikan untuk mengadopsi protokol keamanan yang ketat, termasuk menerapkan langkah-langkah preventif dan memberikan pemahaman mendalam terkait risiko yang berpotensi timbul.

"Setiap pegawai perlu menjaga keamanan dengan meningkatkan kewaspadaan dan bekerja sama aktif dengan aparat kepolisian," ucap Sarly.

Sementara itu, Kanit Krimum AKP Edy Wibowo menuturkan  terdapat beberapa tindak kriminal yang kerap terjadi di minimarket, seperti pencurian, penggelapan dalam jabatan, dan penipuan.

"Kami juga memberikan tips untuk mencegah potensi kejahatan tersebut, di antaranya dengan memahami gelagat orang yang berniat jahat, memajang tulisan peringatan, dan pengaturan tata letak barang, memasang cermin besar di dinding gunakan pencahayaan terang," ucap Edy.

Kemudian, lanjut dia, menempatkan barang yang mahal di dekat kasir, mengatur tugas pengawasan oleh karyawan, dan melakukan penghitungan stok (stock opname).

"Lalu memasang CCTV dengan kualitas terbaik di berbagai titik serta melakukan  pemeriksaan (audit) internal secara berkala," imbuh Edy.

Edy berharap dengan sosialisasi tersebut para pegawai minimarket dapat lebih siap dan mampu menghadapi potensi ancaman kejahatan.

"Kegiatan ini untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat," tutup Edy.
Baca juga: Polisi ringkus komplotan perampok minimarket di Cilandak 
Baca juga: Polisi memburu perampok minimarket yang diotaki mantan pegawai
Baca juga: Polisi tangkap sindikat perampok bersenjata api di Jakarta Barat


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023