hingga triwulan III 2023, PGN Group tercatat mempunyai 3.316 pekerja, yang sebagian besar merupakan generasi milenial.
Jakarta (ANTARA) - Subholding Gas Pertamina PT PGN Tbk mengunggulkan program pengembangan kompetensi, pengembangan kepemimpinan, dan adaptasi digital dalam pengelolaan sumber daya manusia (SDM) perusahaan.

Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PGN Beni Syarif Hidayat dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, mengatakan hingga triwulan III 2023, PGN Group tercatat mempunyai 3.316 pekerja, yang sebagian besar merupakan generasi milenial.

SDM tersebut dikelola dengan menerapkan strategi build the leaders, build the work environment, dan build the organization.

"Dengan pengalaman PGN selama 58 tahun sebagai badan usaha pengelola gas bumi nasional, peran SDM sangat primer untuk mendukung pencapaian kinerja operasi maupun finansial," ujar Beni, yang baru-baru ini meraih penghargaan The Best Human Capital Director Of The Year (Energy Industries) dalam ajang Human Capital and Performance Award 2023, yang diselenggarakan Majalah Business News.

Baca juga: PGN dukung daya saing industri baja nasional

Menurut dia, SDM PGN Group senantiasa diasah mampu berkontribusi terhadap pencapaian tersebut, termasuk, menjawab dinamika bisnis saat ini yang sangat erat dengan digitalisasi.

Beni melanjutkan PGN bersungguh-sungguh dalam mengoptimalisasi tenaga kerja seiring pertumbuhan bisnis dan tantangan pengelolaan energi di masa depan.

Optimalisasi tersebut fokus pada peningkatan produktivitas, kualitas kinerja, dan efisiensi. SDM PGN diasah agar memiliki keunggulan yang kompetitif, adaptif, dan berkelanjutan.

"Selain menjalankan peran dan fungsi di masing-masing unit kerja, SDM PGN mendapatkan fasilitas dari HCM untuk mengasah pengetahuan, kompetensi, dan inovasi pekerja melalui serangkaian program capacity development. Kompetensi mengenai bisnis perusahaan adalah utama," katanya.

Baca juga: Perusahaan Gas Negara incar penjualan gas bumi tumbuh 4 persen di 2024

Ia melanjutkan PGN melaksanakan program tersebut secara terstruktur, berjenjang, dan berkelanjutan dengan menggunakan metode komprehensif yakni 70:20:10, dengan 70 persen disampaikan melalui experiential learning, 20 persen coaching atau mentoring, dan 10 persen program in class training," jelas Beni.

Program tersebut dilaksanakan untuk mendukung pencapaian target bisnis perusahaan baik di masa sekarang maupun akan datang, yang dimulai saat pekerja baru masuk.

Beberapa program di antaranya adalah gas management, operation, and reliability fundamental untuk pengembangan kompetensi teknis pada rumpun jabatan operation and gas system management.

Untuk rumpun jabatan marketing dan sales terdapat junior marketing and sales development program dan untuk pekerja baru terdapat program special development to unleash performance (SUPER) guna memberikan kompetensi komersialisasi gas bumi serta pengelolaan infrastruktur untuk seluruh pekerja baru.

Peserta SUPER diterjunkan langsung untuk melaksanakan aktivitas penjualan dan pengelolaan infrastruktur gas bumi.

"Program-program pengembangan dilakukan oleh perusahaan secara berkelanjutan, dengan prioritas program pengembangan adalah untuk mendukung akuisisi pelanggan baru dan pengembangan infrastruktur. Selain itu, perusahaan juga mempersiapkan program untuk menyiapkan pemimpin masa depan yang cakap dalam mengelola bisnis baru misalnya beyond pipeline maupun low carbon business," ujar Beni.

Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, kecakapan SDM PGN juga diperkaya melalui program pendidikan dan pelatihan, sertifikasi, dan sharing knowledge.

Baca juga: PGN konsisten tambah portofolio pelanggan baru jelang akhir 2023

PGN mengalokasikan rata-rata 84 learning hours setiap pekerja agar dapat mendukung pengembangan kompetensi pekerja.

HCM PGN menjalankannya dengan berlandaskan pada governance risk and complience (GRC) dan diperkuat integrated digital HC technology.

Selain itu, PGN memiliki knowledge management dalam pengelolaan SDM. Hampir semua program knowledge management menggunakan teknologi digital.

Knowledge Management dibagi menjadi beberapa program yaitu i-Know, GAS Talk, Knowledge Harvesting, KMOnline, Knowledge Credit Point, e-Library, dan Innovation Award. Program-program ini diharapkan dapat memperkuat sense of belonging pekerja terhadap bisnis PGN di semua lini.

Baca juga: PGN mulai mengalirkan gas bagi 2.705 rumah tangga di DKI Jakarta

PGN menerima 5 Stars Gold dan dinobatkan sebagai The Best Human Capital Technology Strategy 2023 (Energy Industries) dalam Human Capital and Performance Award 2023.

Atas kinerja dalam pengelolaan SDM, PGN juga mendapatkan predikat sebagai The Best Human Capital Team Of The Year 2023 (Energy Industries).

"Apresiasi dari Human Capital and Performance Award 2023 memacu PGN sebagai Subholding Gas untuk mengembangkan transformasi human capital yang diintegrasikan dengan transformasi digital. Prinsip good corporate governance (GCG) tetap dijalankan, agar PGN senantiasa mendapatkan kepercayaan dalam pengelolaan bisnis gas bumi yang andal," jelas Beni.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023