Itu, nanti dari Wali Kota Jakarta Pusat
Jakarta (ANTARA) - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma untuk membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta dalam menyiapkan gedung logistik dan rekapitulasi untuk Pemilu 2024.

"Itu, nanti dari Wali Kota Jakarta Pusat," kata Heru menjawab pers di sela kunjungan ke Rumah Pompa Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat sudah mengajukan gedung logistik dan rekapitulasi Pemilu 2024 di aula lantai empat Kantor Kecamatan Kemayoran, namun tempatnya tidak sesuai dengan luas yang dibutuhkan KPU DKI.

Menurut Heru, Wali Kota Jakarta Pusat mesti mencarikan solusi secepatnya karena Pemilu 2024 akan berlangsung pada Februari tahun depan.

Baca juga: Wisma Atlet Kemayoran diusulkan jadi tempat logistik Pemilu 2024

Kalau memang dibutuhkan, kata Heru, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga siap untuk membantu.

"Ya, kalau itu dibutuhkan, kami bantu," kata Heru.

Namun, dia menegaskan, Pemprov DKI Jakarta tidak bisa berupaya untuk mengizinkan penggunaan Wisma Atlet Kemayoran sebagai pengganti aula Kecamatan Kemayoran karena itu di luar kewenangan.

"Belum ada upaya DKI untuk ajukan Wisma Atlet karena itu punya Sekretariat Negara (Setneg)," kata Heru.

Baca juga: Seluruh GOR di Jakarta Timur siap jadi gudang logistik Pemilu 2024

Sebelumnya, anggota DPRD DKI Jakarta Inggard Joshua mengusulkan Wali Kota bisa agar mengizinkan penggunaan Wisma Atlet Kemayoran untuk tempat logistik dan rekapitulasi hasil Pemilu 2024 sebelum 10 Desember 2023.

"Usul ini kepada pak Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma, ini kan bisa wisma atlet diizinkan (untuk logistik)," kata Inggard. 

"Jadi, sesama ASN, tentu saja bisa memfasilitasi, harusnya Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) ini sudah terima bersih," tegasnya.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023