Wuzhou, China (ANTARA/Xinhua-AsiaNet)- Dalam beberapa hari terakhir, Kompetisi Global Pemilihan Teh Liubao berlangsung di Wuzhou, Wilayah Otonom Zhuang Guangxi, China Selatan. Sejumlah 541 sampel berpartisipasi dalam kontes ini, dan sejumlah perusahaan teh dan penggemar teh dari China bersaing, sementara peserta internasional dari negara-negara seperti Malaysia, Vietnam, dan Singapura juga membawa teh Liubao berharga mereka. Sampel-sampel tersebut dibagi menjadi 14 kelompok, dan setelah penilaian oleh tim ahli teh domestik dan internasional serta kolektor teh Liubao, sebanyak 55 "raja teh" bintang tujuh terpilih.

Menurut Pusat Layanan Pengembangan Industri Teh Wuzhou, teh Liubao berasal dari Kota Liubao di Wuzhou, Wilayah Otonom Zhuang Guangxi. Suhu rata-rata tahunan dan curah hujan di Kota Liubao masing-masing adalah 21,2 derajat Celsius dan 1.500 mm. Tebing curam yang diselimuti awan tersebar di sekitar area tersebut, banyak di antaranya berkisar antara 1.000 m dan 1.500 m di atas permukaan laut, sementara sinar matahari yang cukup dan air bergabung menjadi kondisi lingkungan dan iklim yang ideal untuk pertumbuhan semak teh. Selama pemerintahan Kaisar Jiaqing Dinasti Qing, teh Liubao diakui karena "aroma pinang" yang ditandai oleh "merah, kaya, murni, dan aroma tua", itu muncul sebagai salah satu teh terbaik di China dan konsumsinya melanda negeri ini. Menuju akhir Dinasti Qing, banyak tenaga kerja Tionghoa berlayar melintasi Laut China Selatan untuk mencari pekerjaan di luar negeri, dan sifat segar, menyehatkan lambung, dan sifat-sifat kesehatan teh Liubao, serta umurnya yang panjang, menjadikannya favorit di kalangan warga Tionghoa di luar negeri, sehingga akhirnya populer di kalangan pecinta teh di negara-negara seperti Malaysia dan Singapura.

Hasil penelitian dari studi kesehatan dan gizi yang dilakukan oleh tim yang dipimpin oleh Akademisi Akademi Teknik China dan Profesor di Universitas Pertanian Hunan, Liu Zhonghua, menjelaskan fungsionalitas dan mekanisme ilmiah di balik banyak manfaat yang terkait dengan teh Liubao, termasuk pengurangan lemak dan berat badan, pengurangan gula darah, penekanan asam urat, kesehatan hati, koordinasi usus dan lambung, fungsi anti-penuaan dan anti-radang, perlindungan terhadap radiasi, peningkatan kekebalan, dll.

Guo Junbang, Presiden Asosiasi Teh Liubao Malaysia, adalah salah satu juri pada Panel Teknik Pengolahan Modern dari final kompetisi teh tahun ini. Guo Junbang berkomentar: "Kompetisi Teh ini memainkan peran besar yang mendukung kemajuan industri teh Liubao, dan saya berharap Kompetisi ini akan terus diselenggarakan. Budaya teh Liubao telah terintegrasi ke dalam kehidupan sehari-hari warga Malaysia, dan teh Liubao sering menjadi minuman pilihan kami saat makan atau menikmati teh sore. Setelah mengikuti Kompetisi ini, saya sungguh berharap dapat berbagi dengan semua orang tentang kesamaan dan perbedaan budaya teh Liubao, dan berbagai pengalaman konsumsi teh, di bagian lain dunia, dan saya juga berharap perusahaan teh China dapat menghasilkan lebih banyak teh berkualitas sehingga lebih banyak orang dapat mengetahui dan jatuh cinta dengan teh Liubao."

Liao Zifang, Presiden Aliansi Teh Hong Kong dan seorang juri pada Panel Teknik Pengolahan Modern dari final kompetisi teh tahun ini, berpendapat bahwa kompetisi teh adalah bagian penting dari ilmu teh, karena kompetisi teh dapat mendorong perusahaan untuk terus meningkatkan teknik produksi dan meningkatkan kualitas produk, menambahkan harapan bahwa Wuzhou dapat memaksimalkan keunggulan unik teh Liubao seperti aroma khusus dan manfaat kesehatan yang unik, terus mengembangkan pasar, dan memperkuat merek budaya Liubao.

Ms. Liu dari Kanada, setelah mengetahui tentang Kompetisi Global Pemilihan Teh Liubao, memutuskan untuk membawa sel

uruh keluarganya ke sini untuk melebarkan cakrawala semua orang. Dia berkata: "Keluarga kami sudah tinggal dan belajar di China selama setahun sekarang, tetapi kami belum pernah ke kompetisi teh sebelumnya. Suasana luar biasa, dan kami telah dapat mempelajari tentang keberagaman dalam budaya teh."



Sumber: Pusat Layanan Pengembangan Industri Teh Wuzhou



Pranala Gambar Terlampir:

   Keterangan: Kompetisi Global Pemilihan Teh Liubao diadakan di Wuzhou.



Lampiran Gambar:

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023