Jakarta (ANTARA News) -  Usai bertemu dengan Walikota Bekasi Rahmat Effendi, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan di masa mendatang rute monorel akan mulai dari Bekasi.

"Saya kira ke depan kami punya kerjasama banyak (dengan Bekasi). Monorel, itu dimulai dari bekasi nanti, yang Bekasi-Jakarta-Tangerang Bandara,"  kata Jokowi.

Hari ini Jokowi bertemu dengan  Rahmat Effendi untuk membicarakan kerjasama yang bisa dibangun antara DKI Jakarta dengan Bekasi.

"Kami membicarakan perbatasan dengan Jakarta. Ada juga soal jalan, air dan juga sampah," kata Jokowi.

Selain monorel, soal transportasi di perbatasan Jakarta dan Bekasi, kedua kota selama ini sudah ada bekerjasama dalam pengoperasian Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) dengan tiga rute, meliputi Bekasi - Bundaran HI, Bekasi - Tanah Abang, dan Bekasi - Pulogadung.

"Tapi APTB yang sudah ada sekarang harus diperbanyak," kata Jokowi.

Selain APTB, ada beberapa jenis kerjasama yang sudah berlangsung seperti pengelolaan sampah, dengan mengirimkan sampah  beberapa wilayah Jakarta ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu Bantar Gebang.

 Rahmat Effendi sendiri menilai  kerjasama dua kota ini  harus segera dijalini untuk mengakomodasi komuter yang datang dari Bekasi ke Jakarta saat bekerja.

"Karena ini punya karakteristik yang khusus," katanya.

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013