Jakarta (ANTARA) - Konsultan warna dan citra Oya Miranti membagikan sejumlah tips memadupadankan busana agar sesuai dengan warna diri masing-masing individu untuk menunjang penampilan.
 
“Semua orang itu membutuhkan penampilan, cumamasih banyak orang bingung padu padan, salah warna dan membuat mood terganggu (jika salah memadupadankan busana),” kata Oya saat ditemui dalam acara bincang-bincang di Jakarta, Rabu.
 
Oya menjelaskan bahwa personal colour (warna diri) merupakan warna-warna yang cocok digunakan oleh seseorang berdasarkan warna dirinya, mulai dari busana hingga riasan agar membuat penampilan terlihat maksimal. Dalam menentukan warna diri, ada sejumlah tes yang dapat dilakukan, seperti melihat warna urat nadi dan lainnya.

Tes dengan kain berwarna emas dan silver menjadi salah satu alternatif karena tes ini cenderung lebih mudah dilakukan untuk menentukan warna undertone skin. Jika kulit terlihat lebih cocok saat dipadukan dengan kain berwarna emas, maka orang tersebut masuk ke dalam kategori warm undertone skin.

Baca juga: Tren warna tahun 2024 yang perlu diperhatikan untuk kulit sawo matang

Sebaliknya, jika kulit lebih cocok dipadukan dengan kain berwarna silver, maka orang tersebut masuk ke dalam kategori cool undertone skin.

“Pertama, tentukan dulu secara DNA kita, yaitu warna yang berhubungan dengan diri kita yang sudah ada. Salah satunya dengan menemukan undertone skin kita atau kulit dalam,” katanya.

Ada dua jenis undertone skin yang perlu diketahui, yakni cool undertone skin dan warm undertone skin dengan dua pilihan color season.

Untuk warna lebih terang, jenis ini termasuk ke dalam golongan warm undertone skin dengan pilihan warna musim semi dan musim gugur, sedangkan warna lebih gelap cocok digunakan untuk individu yang masuk ke dalam golongan cool undertone skin dengan pilihan warna musim panas dan musim dingin.

Setelah menentukan undertone skin, tentukan jenis acara yang ingin dihadiri, misalnya acara formal atau acara informal. Sesuaikan warna busana dengan pesan atau tujuan yang ingin disampaikan untuk mempertegas penampilan.

Baca juga: Ketahui "Personal Color" untuk tentukan warna diri

Misalnya ketika berkencan, seseorang bisa menggunakan warna pink untuk kesan romantis, sementara ketika bekerja, cari warna-warna yang lebih gelap.
 
Selain untuk kencan dan menunjang aktivitas pekerjaan, busana yang cocok digunakan saat berlibur adalah warna yang lebih terang untuk menggambarkan kesan gembira yang ingin disampaikan saat melakukannya.
 
Oya menegaskan pemilihan warna sesuai acara atau kegiatan kembali lagi kepada undertone skin masing-masing individu. Sebaiknya, gunakan palet warna yang sudah sesuai dengan undertone skin masing-masing agar penampilan terlihat menonjol dan menarik.
 
“Yang sering pakai baju hitam, bisa bedakan dengan warna cokelat. Kalau memakai baju hitam, tapi, wajahnya terlihat murung, sedih, dan kusam artinya nggak cocok. Hitam untuk cool undertone skin, dan cokelat untuk warm undertone skin,” kata Oya.

Baca juga: Mengenal kepribadian diri dari warna pakaian

Baca juga: Tips memilih riasan sesuai dengan warna kulit

Baca juga: Tips memilih foundation flawless

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023