Kejuaraan akan diikuti peserta dari perwakilan seluruh Graha FKI di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI
Jakarta (ANTARA) - Ksatria Kempo Graha Federasi Kempo Indonesia (FKI) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara mengincar trofi Piala Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI 2023.

Ketua Pengurus Graha Federasi Kempo Indonesia (FKI) Kantor Imigrasi Jakarta Utara Gde Oki Rizky Aryadhika kepada wartawan di Jakarta Utara, Rabu, mengatakan latihan rutin yang sebelumnya digelar satu pekan sekali akan lebih diintensifkan demi meningkatkan kebugaran para atlet kempo yang akan bertanding dari 15 – 17 Desember 2023 mendatang.

"Para atlet menunjukkan antusiasme tinggi menjelang Piala Menkumham dengan harapan tinggi dapat menggondol trofi dan medali kejuaraan untuk mengharumkan nama Graha FKI Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara," kata Gde Oki di Ruang Rapat Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara, Rabu.

Kejuaraan kempo bertajuk ‘Menkumham Cup’ yang berlangsung selama tiga hari itu diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta bekerja sama dengan Pengurus Provinsi Federasi Kempo Indonesia DKI Jakarta.

Kejuaraan akan diikuti peserta dari perwakilan seluruh Graha FKI di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Ibnu Chuldun menjadikan pertandingan kempo sebagai ajang membentuk sikap mental pegawai yang disiplin dan siap berkompetisi untuk meningkatkan pengembangan diri, khususnya dalam bidang beladiri.

Ibnu pun berharap ke depannya, para ksatria kempo yang bertanding dapat mengharumkan nama Kementerian Hukum dan HAM RI.

Kejuaraan kempo 'Menkumham Cup' berlangsung pada kawasan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kemenkumham, di Depok, Jawa Barat.

Pada kejuaraan nanti, tim penilai dan wasit akan didatangkan dari perwakilan Federasi Kempo Indonesia.

Demi bisa meraih trofi dan medali, Ksatria Kempo Graha Federasi Kempo Indonesia Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara pun dipaksa untuk meningkatkan porsi latihan rutin oleh pengurus dengan mendatangkan pelatih khusus dari Federasi Kempo Indonesia.

Berbeda dengan latihan rutin ksatria kempo biasanya, kata Gde Oki, belasan peserta yang terdiri atas ASN dan Pegawai Pemerintah Non-Pegawai Negeri di lingkungan Kanim Jakut akan difokuskan pada persiapan tanding level kompetisi untuk peningkatan pemahaman terhadap peraturan pertandingan yang resmi.

Pada latihan tersebut juga dilakukan seleksi uji untuk kandidat ksatria yang akan mewakili Graha FKI Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta di kejuaraan Menkumham Cup.
Baca juga: Sumbar juara umum kempo pada IMAG 2023
Baca juga: Sebanyak 223 kenshi berlomba dalam Shorinji Kempo IMAG 2023
Baca juga: Sabet empat emas, Indonesia pastikan juara kedua kempo dunia

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023