Tokyo (ANTARA) - Sebanyak 153 kenshi atau atlet kempo Indonesia berlaga dalam kejuaraan dunia Shorinji Kempo, World Taikai, yang digelar di Nippon Budokan, Tokyo, Jepang, mulai 6 sampai 13 Oktober 2023.

“Kempo bukan hanya terkait olahraga bela diri saja, namun juga jembatan persahabatan Indonesia-Jepang. KBRI Tokyo senantiasa mendukung putra-putri terbaik bangsa berlaga di Jepang membawa nama harum Indonesia. Saya berharap Tim Indonesia bisa berlaga optimal dan mengharumkan merah putih," kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Akhmadi saat menerima Pengurus Besar Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PB PerkemiI) di Tokyo, Jumat.

Heri menyatakan dukungannya untuk tim Kempo Indonesia dan mengharapkan mereka memberikan hasil terbaik dalam kejuaraan dunia itu.

Ketua Umum PB PERKEMI Agus Setiadji mengapresiasi dukungan penuh Heri Akhmadi dan KBRI Tokyo itu.

Ke-153 kenshi Indonesia itu bertanding dalam 19 nomor pertandingan dan bersaing dengan 39 negara.

Baca juga: Minat universitas Jepang jadi mitra beasiswa IISMA terganjal syarat

“Kami berharap dalam kejuaraan ini Indonesia mampu meraih urutan kedua kempo dunia. Kami ingin tunjukkan kepada dunia bahwa Shorinji Kempo Indonesia mempunyai prestasi yang dibanggakan," kata Agus, seraya mengungkapkan tiga orang Indonesia terpilih menjadi wasit dalam kejuaraan dunia itu.

Pendiri PB Perkemi Indra Kartasasmita mengatakan kempo adalah cabang olahraga yang kental dengan budaya Indonesia-Jepang yang mengajarkan nilai-nilai kasih sayang dan persahabatan.

World Shorinji Kempo Organization (WSKO) adalah organisasi yang didirikan di Jepang pada akhir 1960-an.

Dari data PB Perkemi, saat ini terdapat 195.000 kenshi Indonesia yang berlatih di 1.670 dojo di 32 provinsi di Indonesia.

Baca juga: Perkemi akan kembangkan atlet lewat lomba tingkat siswa dan mahasiswa

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023