Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PB PERKEMI) akan menggelar kejuaraan kempo internasional mahasiswa pada 2025.

PB PERKEMI ditunjuk oleh World Shorinji Kempo Organization (WSKO) untuk menjadi tuan rumah kejuaraan tingkat mahasiswa tersebut.

"Di 2025 akan ada kejuaraan internasional (tingkat) mahasiswa di seluruh dunia yang insyallah akan digelar di Bali. Mengenai bulan (penyelenggaraan) kami masih menunggu arahan," kata Wakil Ketua Umum III PB PERKEMI, Marskal Muda TNI AU Bambang Gunarto kepada pewarta, Minggu.

Dalam hasil rapat pengurus nasional (RAPERNAS) terdapat usulan terkait dengan kandidat tuan rumah dalam gelaran tersebut. Selain Bali, Kalimantan Timur mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah kejuaraan kempo internasional mahasiswa tersebut.

Mengenai hal tersebut, Ketua Harian Pengprov. PERKEMI Bali Fredrick Billy menyatakan kesiapan karena Bali telah mempunyai fasilitas, akomodasi dan manajemen penyelenggaraan.

"Tidak ada masalah (jika ditunjuk tuan rumah) karena Bali itu siap. Apa saja sudah ada disana mulai dari fasilitas, akomodasi dan manajemen telah tersedia," kata Ketua Harian Pengprov. PERKEMI Bali Frederick Billy.

Baca juga: PB PERKEMI gelar studi internasional yang dipimpin instruktur WSKO

Frederick Billy menjelaskan bahwa keputusan terkait pengambilan tuan rumah kejuaraan tersebut nantinya akan dibahas dalam rapat pengurus nasional pada 2024. Ia juga memprediksi setidaknya dalam kejuaraan tersebut akan dihadiri oleh 20 negara lebih di seluruh dunia.

"Minimal akan dihadiri 20 negara. Terutama ratusan perguruan tinggi untuk mewakili negaranya masing-masing (di ajang ini)," ujar Billy, sapaan akrabnya.

Selain akan mempersiapkan kejuaraan kempo internasional tingkat mahasiswa, PB PERKEMI juga akan fokus dalam mempersiapkan para atlet untuk mensukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang berlangsung di Aceh-Sumatera Utara.

"Kita kemarin menduduki peringkat dua dunia dari 41 negara yang hadir di kejuaraan dunia yang berlangsung di Jepang. Ke depannya di 2024 (mempersiapkan) PON 2024 Aceh-Sumatera Utara, kami mengharapkan partisipasi dari seluruh atlet kempo untuk mensukseskan ajang nasional," urai Bambang Gunarto.

Baca juga: Rayakan HUT ke-58, Perkemi komitmen tingkatkan pembinaan prestasi
 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024