Jakarta (ANTARA News) - Setiap orang bisa berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan, di antaranya dengan melakukan hal sederhana seperti mengurangi makan daging, kata artis Nadya Hutagalung.

Menurut aktivis lingkungan yang juga model dan mantan VJ MTV itu, dengan mengurangi makan daging berarti kita telah mengurangai emisi karbon karena bahan pangan ini memerlukakan penanganan dengan pendingin dan pengangkutan yang menggunakan bahan bakar karbon.

"Daging perlu penanganan dengan pendingin dan pengangkutan yang menggunakan bahan bakar karbon. Kalau kita mengurangi makan daging, tentu juga akan mengurangi emisi karbon," kata Nadya Hutagalung saat acara Program "Smarter Greener Living" PT Unilever di Jakarta, Rabu.

Meskipun aktif dalam berbagai kegiatan lingkungan, Nadya menyarankan untuk tidak perlu bertindak terlalu ekstrem dalam berpartisipasi terhadap pelestarian lingungan. Kalau memang perilaku pelestarian lingkungan harus terbatasi dengan kondisi, maka tidak perlu terlalu dipaksakan.

"Yang penting jangan merasa bersalah. Kita harus bekerja, menuju ke kantor juga mencari uang untuk keluarga kita, anak-anak kita. Yang penting kita tetap berusaha yang terbaik untuk melestarikan lingkungan," tuturnya.

Salah satu hal kecil yang dilakukan Nadya untuk melestarikan lingkungan adalah dia hampir selalu membawa sedotan yang terbuat dari kaca atau stainless steel sehingga tidak perlu menggunakan sedotan plastik terlalu banyak.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013