Padang (ANTARA) -
Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Sumatera Barat (Sumbar) bekerja sama dengan UPTD Balai Kesehatan Indera Masyarakat (BKIM) provinsi menggelar pemeriksaan mata gratis di Padang.
 
Kepala LKBN ANTARA Biro Sumatera Barat Irwan di Padang, Kamis, mengatakan pemeriksaan mata gratis tersebut merupakan bentuk kepedulian dua lembaga terhadap kesehatan mata masyarakat di Padang.

Baca juga: Penggunaan obat tetes bisa sebabkan katarak dan glaukoma

Baca juga: Masyarakat perlu jaga kesehatan mata di tempat kerja
 
"Ini sekaligus menjadi salah satu rangkaian peringatan HUT ke-86 LKBN ANTARA di Sumatera Barat," katanya.
 
Irwan menyebut pemeriksaan mata tersebut ditargetkan untuk 100 orang. Sebagian besar adalah masyarakat yang berada di sekitar Kantor LKBN ANTARA Biro Sumbar di Kampung Nias V, Padang.
 
"Dalam memeriahkan HUT LKBN ANTARA kita memang merancang sejumlah kegiatan sosial di Kota Padang. Selain melakukan pemeriksaan mata, juga akan memberikan bantuan pada salah satu panti asuhan," ujarnya.
 
Irwan mengatakan pihaknya bekerja sama dengan BKIM Sumbar yang dikenal dengan inovasi terkait pelayanan kesehatan mata.
 
Salah satu inovasi tersebut adalah program Masuk Surga (Mem­­berikan Akses Mu­dah dan Komprehensif kepada Seluruh Warga) yang memberikan pelayanan prima, tanpa ribet, dan bisa dilakukan secara daring. Program itu masuk dalam 10 besar inovasi terbaik versi IGA 2023.
 
Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan UPTD BKIM menyebut pihaknya siap untuk bekerja sama dengan semua pihak untuk memberikan pelayanan pemeriksaan mata bagi masyarakat.
 
"Ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab kami bagi kesehatan mata masyarakat Sumbar, terutama yang berpenghasilan rendah," katanya.

Baca juga: Kemenkes harap masyarakat makin peduli dengan kesehatan mata

Baca juga: Orang tua perlu mengenali kelainan pada mata anak sedini mungkin
 
Ia menyebut kepedulian masyarakat untuk memeriksakan mata masih kurang. Salah satunya karena kecemasan terhadap proses pengobatan, apalagi bila harus dioperasi. Padahal, dengan teknologi saat ini proses operasi seperti katarak sudah sangat mudah, bahkan prosesnya bisa selesai dalam 30 menit.
 
Lebih lanjut, ia menekankan kebiasaan buruk anak-anak menggunakan telepon seluler terlalu lama juga berpotensi meningkatkan tekanan bola mata, sehingga bisa terkena penyakit glukoma. Karena itu anak-anak seharusnya juga harus rutin memeriksa kesehatan mata.
 
Puluhan masyarakat Kota Padang antre untuk mendapatkan pemeriksaan mata gratis di kantor LKBN ANTARA Biro Sumatera Barat sejak pagi. Sebagian besar peserta merupakan warga yang telah berumur di atas 40 tahun.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023