Depok (ANTARA) -
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar mengukuhkan sukarelawan Satu Juta Jubir Desa Anies-Muhaimin (AMIN) di Gedung Kesenian Pandan Sari, Taman Rekreasi Wiladatika, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis.

Dalam kegiatan yang dimotori oleh sukarelawan Barisan Relawan Desa Anies-Muhaimin (BALAD AMIN) itu, Muhaimin mengatakan bahwa tugasnya bersama Anies akan terbantu dalam menyampaikan visi dan misi terkait perubahan dengan adanya juru bicara (jubir) hingga tingkat desa.

"Kampanye akan dibantu oleh jubir di desa. Sungguh, saya bangga dan ucapkan terima," kata Muhaimin yang disambut tepuk tangan dan sorakan dukungan dari ratusan Satu Juta Jubir Desa yang hadir.

Dia menekankan para sukarelawan harus menguatkan barisan untuk mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur. Masih banyak sumber daya alam belum bisa dinikmati masyarakat secara merata, ungkap Muhaimin.

Dalam acara itu, Muhaimin bersama perwakilan sukarelawan dari Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi memukul kentungan atau alat penanda bahaya sebagai bentuk imbauan kepada sukarelawan untuk mengawal pemilu yang netral dan adil hingga tingkat desa.

Baca juga: Ratusan relawan AMIN padati lokasi peluncuran Satu Juta Jubir Desa

Koordinator Relawan Nasional BALAD AMIN, Hasan Robiki, mengatakan Satu Juta Jubir Desa beranggotakan para pegiat desa yang aktif mendampingi pembangunan selama ini.

"Tugasnya menyosialisasikan ide perubahan dari AMIN, menggalang dukungan pemilih di desa, memastikan aparat desa tetap menjaga netralitas," kata Hasan.

Dia mengungkapkan saat ini sudah ada 30 ribu posko Satu Juta Jubir Desa yang tersebar di seluruh Indonesia dan ditargetkan pada Januari 2024 sudah mencapai 70 ribu.

Pengukuhan tersebut juga disertai dengan penyerahan kartu identitas jubir desa secara simbolis kepada belasan sukarelawan dari sejumlah daerah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Muhaimin sebut pertanian jadi pilihan utama untuk pembangunan nasional

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023