Memasuki pekan kedua masa kampanye ini, ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden saling berstrategi
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung sejak 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024, pada Kamis (7/12), masa kampanye ketiga calon presiden dan calon memasuki hari kesepuluh.

Memasuki pekan kedua masa kampanye ini, ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden saling berstrategi untuk mengenalkan diri serta visi-misi kepemimpinan guna menarik hati masyarakat agar menjatuhkan pilihannya pada sosok kepemimpinan di masa depan.

Berikut rangkuman kegiatan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada hari kesepuluh kampanye:

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Pada hari kesepuluh masa kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu ini membagi tugas kampanye di dua daerah berbeda. Anies berkampanye di Lampung sedangkan Muhaimin di Jakarta.

Anies memulai dialog bersama peternak dan mahasiswa PKL peternak muda di Lampung pagi hari, dan siang harinya dialog lagi dengan Mahasiswa Malahayati dan diakhir kegiatan Desa Anies sore harinya di Bento Kopi Lampung.

Dalam kegiatan kampanye di Lampung, Anies menyampaikan keinginannya bila terpilih nanti akan mewujudkan jalur kereta api (KA) double track di Lampung guna mempersingkat waktu perjalanan baik logistik maupun penumpang manusia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyoroti kondisi jalan di Provinsi Lampung. Menurut dia, permasalahan transportasi harus ada porsi anggaran yang cukup bagi jalan tidak berbayar.

Sementara itu, calon wakil presiden Muhaimin Iskandar menghadiri peluncuran juru bicara desa AMIN pada siang hari bersama Barisan Relawan Desa Anies-Muhaimin (BALAD AMIN) di Taman Wiladarika, Cibubur, Jakarta.

Dalam kegiatan kampanyenya, Muhaimin menyampaikan keinginannya bila terpilih nanti akan menambah dana untuk desa yang produktif.

Menurut dia, anggaran dana desa per desa bisa jadi tidak sama, karena itu semua disesuaikan dengan penggunaan yang produktif atau tidak.

Pria yang akrab disapa Cak Imim ini juga berjanji untuk menuntaskan reformasi agraria agar mensejahterakan petani.

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Uniknya pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua ini, di mana Prabowo Subianto memilih tetap bertugas seperti biasa di Kementerian Pertahanan, sedangkan Gibran Rakabuming Raka melakukan serangkaian kegiatan di Solo, kota yang dipimpinnya sebagai wali kota.

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka menghadiri beberapa kegiatan di Solo, mulai dari penyerahan piala lomba mewarnai hingga pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Peradi.

Putra Presiden Joko Widodo itu pada pagi harinya menggelar sarapan bersama Muskorwil II Apeksi di Makunde Resto, Solo Safari.

Kemudian menyerahkan piala lomba mewarnai di SDN Gurawan Jalan Bongowanto, Semanggi, Pasar Kliwon. Diakhiri agenda pembukaan Rakernas Peradi sore harinya.

Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Di hari kesepuluh masa kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut tiga ini melakukan kunjungan cukup jauh, Ganjar Pranowo menyambangi Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur, sedangkan Mahfud MD berkunjung ke Malaysia.

Dalam kegiatan kampanye di IKN, mantan Gubernur Jawa Tengah itu memulai lawatan dengan menyambangi Rumah Teknologi di Sepaku, Penajem Paser Utara, pagi harinya. Kemudian mengunjungi Titik Nol IKN yang juga masih berada di wilayah Sepaku.

Siang harinya, Ganjar kembali bertolak ke Balikpapan melanjutkan lawatan dengan melakukan dialog dengan mahasiswa hingga sore hari.

Saat kampanye, Ganjar menyampaikan komitmennya untuk melanjutkan pembangunan IKN bila nanti terpilih sebagai presiden.

Menurut dia, rencana pemindahan ibu kota telah disiapkan sejak zaman Presiden Pertama Seokarno memimpin. Dan baru terealisasi di masa pemerintahan Presiden Ketujuh Joko Widodo.

Ganjar juga ingin menggunakan APBN untuk membangun aset negara di IKN. Ia juga ingin menghadirkan layanan internet berkecepatan tinggi secara gratis di sekolah guna mendukung pertumbuhan industri kreatif.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023