Petugas lapas harus bisa bersinergi dengan aparat penegak hukum, melakukan deteksi dini, optimalisasi kegiatan satuan operasional kepatuhan internal lapas (Satopspatnalpas)
Jakarta (ANTARA) -
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta melaksanakan apel siaga Natal dan Tahun Baru 2024 pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban.

Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun memimpin langsung apel siaga yang diselenggarakan  di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang, Jakarta Timur, Jumat.
Baca juga: Kanwil kemenkumham DKI perkuat sinergi dengan Mabes TNI
Apel itu diikuti  seluruh jajaran UPT Pemasyarakatan DKI Jakarta, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta, Ombudsman Jakarta Raya, TNI dan Polri.
 
Ibnu Chuldun mengatakan berpesan apel siaga merupakan tindak lanjut Surat Edaran Nomor PAS- 2077.PK.08.05 tanggal 29 November 2023 tentang Peningkatan Kewaspadaan Menghadapi Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.
Baca juga: Kemenkumham DKI minta pegawai tingkatkan kinerja dan kompetensi
"Seluruh petugas pemasyarakatan harus meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan selama 24 jam," kata Ibnu.
 
Petugas lapas harus bisa bersinergi dengan aparat penegak hukum, melakukan deteksi dini, optimalisasi kegiatan satuan operasional kepatuhan internal lapas (Satopspatnalpas) untuk memastikan seluruh petugas melaksanakan SOP dan tidak melakukan penyalahgunaan wewenangnya.
 
Ibnu juga menangguhkan pemberian cuti bagi petugas Lapas/ Rutan/ LPKA, satu minggu sebelum dan sesudah Tahun Baru 2024.
Baca juga: Seleksi taruna Poltekip/Poltekim bebas pungutan liar
"Saya minta petugas pengamanan agar dapat meningkatkan pengawasan dengan melakukan inspeksi terhadap pelaksanaan tugas pengamanan dalam upaya deteksi dini terhadap kemungkinan timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban dan tetap memberikan pelayanan prima bagi masyarakat dan warga binaan," paparnya.
 
Dalam apel itu, Ibnu menyematkan tanda kesiapsiagaan dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru 2024 kepada seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan DKI Jakarta.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023