Kami saat ini sedang kerja sama dengan Kementerian Perhubungan, ada mudik gratis yang memang dibiayai oleh Kementerian Perhubungan
Jakarta (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengadakan program mudik gratis pada periode Angkutan Laut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kami saat ini sedang kerja sama dengan Kementerian Perhubungan, ada mudik gratis yang memang dibiayai oleh Kementerian Perhubungan," kata Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Nuraini Dessy saat konferensi pers "Kesiapan PT Pelni (Persero) Melayani Angkutan Natal 2023 dan Tahun 2024" di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan untuk program mudik gratis tersebut ada beberapa ruas yang dibiayai oleh Kemenhub, di antaranya Batam-Belawan, Belawan-Batam, Baubau-Makassar, Makassar-Baubau, Makassar-Sorong, Batam-Tanjung Priok, Surabaya-Makassar, Jayapura-Biak, Balikpapan-Parepare, Sorong-Ambon, Manokwari-Sorong, Parepare-Tarakan, dan Parepare-Balikpapan.

Kendati demikian, ia mengatakan bahwa akan ada rapat lanjutan dengan Kemenhub apakah ruas-ruas tersebut sudah final atau ada penambahan maupun pengurangan.

"Kami ada rapat lanjutan lagi dengan Kementerian Perhubungan apakah secara fix-nya ruas-ruas tersebut apakah ada penambahan lagi atau pengurangan ruas-ruas yang tadi sudah disebutkan," ujar Dessy.

Ia menjelaskan untuk program mudik gratis itu, total kuota per ruas disediakan sebanyak 500 orang.

"Memang ini ada direncanakan ini Kemenhub akan membiayai terkait mudik gratis ini per ruas tadi ada 500 orang. Namun, dengan persyaratan khusus, yaitu dengan menunjukkan bahwa ada surat tidak mampu dari instansi setempat," ucap Dessy.

"Jadi, untuk menyaringnya jangan sampai yang naik gratis ini orang mampu, jadi persyaratan khususnya dari Kementerian Perhubungan syarat tidak mampu dari instansi atau desa setempat," lanjutnya.

Sementara terkait dengan waktu pelaksanaan mudik gratis tersebut, kata dia, disesuaikan dengan jadwal perjalanan kapal di setiap rute tersebut.

"Menyesuaikan dengan trayek kapal kita, di antara waktu peak season ini," ujar Dessy.

Untuk periode Angkutan Laut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Pelni menyediakan total 26 kapal penumpang dengan total 50.832 tempat duduk dan sebanyak 42 kapal perintis dengan total 15.978 tempat duduk.

Baca juga: Pelni proyeksi penumpang periode Natal-tahun baru capai 598.276 orang
Baca juga: Kemenhub tetapkan waktu pembatasan angkutan barang saat libur Natal
Baca juga: Kemenhub bentuk posko pemantauan natal-tahun baru pada 264 pelabuhan 

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023