Mayoritas distribusi volume lalu lintas baik yang keluar wilayah Jabotabek menuju timur/Trans Jawa dan Bandung mencapai 46,7 persen.
Surabaya (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memaparkan kesiapan mengawal arus lalu lintas libur Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Jawa Timur.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur dalam keterangan di Surabaya, Jumat, menjelaskan bahwa pihaknya memprediksi peningkatan lalu lintas tertinggi di jalan tol Jasa Marga Group masih menuju arah timur/Trans Jawa.

"Mayoritas distribusi volume lalu lintas baik yang keluar wilayah Jabotabek menuju timur/Trans Jawa dan Bandung mencapai 46,7 persen yang kemudian diikuti oleh lalu lintas yang menuju barat/Merak sebesar 30,9 persen dan menuju selatan/sebesar 22,4 persen," katanya.

Untuk menghadapi lonjakan lalu lintas ini, Jasa Marga terus melakukan koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral yang intensif dan komprehensif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, antara lain dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Koordinator PMK, Kementerian PUPR (Bina Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol), Kepolisian (Korlantas dan polda) serta pemerintah daerah setempat.

Selain itu, Subakti juga menjelaskan kesiapan Jasa Marga dalam memberikan pelayanan yang optimal selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2023/2024 di wilayah Jawa Timur, dengan terus meningkatkan layanan preservasi, peningkatan layanan operasional, peningkatan layanan rest area, hingga pengoperasian ruas baru.

"Kesiapan Jasa Marga dalam mengawal Natal dan Tahun Baru 2023/2024 di wilayah Jawa Timur, di antaranya dapat dilihat dengan peningkatan kapasitas lajur di Jalan Tol Surabaya-Gempol segmen Sidoarjo sampai dengan Porong (Km 757 sd Km 762) semula dua lajur menjadi tiga lajur (Jalur A & B)," katanya pula.

"Selain itu pada Natal-Tahun Baru 2023/2024 kali ini Jalan Tol Surabaya-Mojokerto juga terintegrasi dengan Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) di Km 724 SS Wringinanom," ujar Subakti.

Adapun pengoperasian rest area di ruas jalan tol wilayah Jawa Timur adalah sebanyak 14 lokasi dengan penambahan kapasitas parkir, kebersihan bilik toilet dan masjid di Km 725 A Surabaya-Mojokerto, cadangan air bersih, memastikan kecukupan BBM untuk para pengendara, penambahan petugas, posko kesehatan dan polisi, serta rubbercone untuk contraflow.
Baca juga: Jasa Marga raih penghargaan Jalan Tol Berkelanjutan Kementerian PUPR
Baca juga: Jasa Marga siapkan langkah hadapi kepadatan Natal dan tahun baru

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023