ini menjadi titik awal bagi Fase 1B
Jakarta (ANTARA) - Proyek pembangunan Fase 1B Rute Velodrome - Manggarai hingga saat ini telah sampai pada tahap pengeboran pondasi (bore pile), tepatnya di titik P05 median Jalan Pemuda, Rawamangun.

"Pekerjaan pondasi ini menjadi titik awal bagi Fase 1B, setelah peletakan batu pertama pada 30 Oktober lalu," kata Direktur Utama PT Jakpro Iwan Takwin kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Iwan menuturkan tahapan pondasi ini telah melalui beberapa tahapan dalam fase desain dan persiapan lahan seperti mencakup pemagaran, relokasi utilitas, uji tanah/soil test, dan pemindahan pohon.

Dia menjelaskan, sebagai tahapan pekerjaan struktur jalur layang, maka setelah pekerjaan pondasi ini nantinya tahapan selanjutnya adalah pekerjaan tiang jembatan/pier, gelagar jembatan/girder, serta jalur rel/track berikut instalasi "railway system".

Secara keseluruhan pekerjaan pondasi akan dikerjakan oleh kontraktor utama yaitu KSO Waskita Karya, Nindya Karya dan Len Railway System.

Baca juga: Legislator awasi pembangunan LRT Fase 1B agar rampung tepat waktu

"Kami optimis uji coba terbatas sampai dengan Stasiun Rawamangun dapat terlaksana di September 2024 sesuai jadwal yang direncanakan," tambahnya.

Proyek LRT Jakarta Fase 1B diproyeksikan akan berlangsung selama 36 bulan, dengan target pertama yakni dapat dilakukannya uji coba terbatas (trial run) hingga Stasiun Rawamangun pada 2024.

Nantinya Fase 1B ini akan menghubungkan antara Velodrome – Manggarai dengan bentang sepanjang 6,4 kilometer dengan lima stasiun antara yaitu Stasiun Rawamangun, Pramuka BPKP, Pasar Pramuka, Matraman dan Manggarai.

Selama proses pekerjaan Proyek LRT Jakarta Fase 1B ini mungkin berdampak pada diberlakukannya pergeseran lajur kendaraan untuk sementara waktu di beberapa titik untuk keperluan area kerja.

Jakpro bersama segenap tim yang bertugas di lapangan menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan karena hal itu.

Baca juga: Waskita Lanjutkan Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B, Menhub Lakukan Groundbreaking

Ia juga mengimbau kepada para pengguna jalan maupun angkutan umum untuk senantiasa mematuhi rambu-rambu dan mengikuti petunjuk petugas di lapangan/area proyek.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023