Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) mengapresiasi BPK Penabur selaku penyelenggara yang sukses menggelar Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023.

"Kita lihat pergelaran Festival Catur Pelajar ini berlangsung secara daring sebelumnya. Yang ketiga, ide ini berawal dari BPK Penabur yang menginginkan acara ini berlangsung di empat kota. Ide ini sangat luar biasa karena penyelenggaraannya tidak mudah dan diikuti 1.700 peserta lebih," kata Dewan Pembina PB Percasi Eka Putra Wirya dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Dengan suksesnya acara yang berlangsung tersebut, Eka mengungkapkan PB Percasi memberikan apresiasi dengan mengirimkan para juara menuju turnamen catur tingkat Asia Tenggara yang berlangsung di Laos.

Baca juga: Juara Festival Catur Pelajar Nasional akan dikirim ke kejuaraan ASEAN

"Apresiasinya bukan terima kasih saja, kita kirim juara-juara dari gelaran BPK Penabur ini dikirim ke kejuaraan Asia yang berlangsung di Laos tahun depan," ungkap Eka Putra Wirya.

Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 yang diselenggarakan oleh BPK Penabur bersama dengan Sekolah Catur Utut Ardianto meraih rekor MURI sebagai ajang catur pelajar yang diikuti oleh peserta terbanyak dengan jumlah peserta mencapai 1.743 peserta.

Di tahun ketiga penyelenggaraan Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional, 1.743 peserta tersebut berasal dari 13 provinsi di seluruh Indonesia.

Sementara itu peraih gelar juara Festival Catur Pelajar Nasional 2023 akan dikirim ke kejuaraan catur tingkat Asia Tenggara atau ASEAN yang akan berlangsung di Laos. Ada sebanyak delapan pecatur yang meraih gelar juara di setiap kategori yang akan diberangkatkan ke ajang yang berlangsung di Laos tersebut.

Selain itu peringkat kedua dan peringkat ketiga dalam gelaran turnamen tersebut juga akan berkesempatan mengikuti kejuaraan nasional (kejurnas) Percasi yang berlangsung di Manado.

Baca juga: Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 raih rekor MURI
Baca juga: BPK Penabur targetkan Festival Catur Pelajar 2024 digelar di 15 kota

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023