Kota Mojokerto (ANTARA) -
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengapresiasi sejumlah kinerja Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, salah satunya mampu menekan kemiskinan ekstrem di kota itu.
 
"Lima tahun menjabat sebagai Wali Kota Mojokerto bisa melayani seluruh rakyat Kota Mojokerto dan berharap semua dirintis nanti akan berkelanjutan," kata Menko Muhadjir Effendy di sela peresmian Taman Bahari Majapahit di Kota Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu malam.
 
Ia mengatakan selama dijabat oleh Ning Ita - sapaan akrab Wali Kota Mojokerto - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sudah hampir 80 persen, yang artinya masuk kategori sangat tinggi.
 
"Sementara untuk IPM nasional masih berkisar di angka 72 persen, artinya ((IPM Mojokerto) jauh melebihi rata-rata nasional," ujarnya.

Baca juga: Kota Mojokerto terima penghargaan insentif fiskal turunkan kemiskinan
 
Begitu juga dengan penanganan kemiskinan ekstrem di Kota Mojokerto, menurut Menko Muhadjir,  bisa dikatakan berhasil karena angkanya berada di kisaran lima persen. "Pun demikian jumlahnya jauh di bawah angka rata-rata nasional yang saat ini masih berada di kisaran 9 persen," ucapnya.
 
Ia mengakui sejumlah keberhasilan tersebut merupakan dedikasi Ning Ita dan juga alim ulama, tokoh agama, pemangku kepentingan, dan juga forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) di kota setempat.
 
"Untuk kemiskinan ekstrem harus nol persen dan dari angka kemiskinan lima persen bukan hal sulit dipimpin Ning Ita," ucapnya.
 
Begitu juga untuk penanganan stunting, kata dia,  prevalensi stunting sekarang sudah di 18 persen. "Sementara Presiden Jokowi mengatakan tahun 2024 ditargetkan sekitar 14 persen dan di Kota Mojokerto hanya berada dua persen kurang sekian persen, stunting bisa nol persen," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Mojokerto luncurkan program Dashat untuk tekan stunting
 
Ia mengatakan penanganan stunting menjadi salah satu fokus yang menjadi perhatian pemerintah. 
 
Sementara itu Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan apa yang telah dicapai pada hari ini ini adalah hasil sinergitas dan kolaborasi seluruh masyarakat.
 
"Secara pribadi saya telah mendedikasikan diri sepenuh hati untuk Kota Mojokerto dan berakhirnya masa lima tahun ini saya ingin menghaturkan ucapan terima kasih," ucapnya.
 
Ia mengatakan semua yang sudah dilakukan selama ini bisa terwujud berkat doa masyarakat di Kota Mojokerto.  "Hasil itu adalah sesuatu menjadi kebanggaan Kota Mojokerto," katanya.

Baca juga: Wali Kota: Ketahanan ekonomi prioritas pembangunan di Kota Mojokerto

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023