Pasangan Prabowo-Gibran memiliki komitmen untuk membawa pemerintahan dengan mengutamakan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Ahmad Muzani, mengatakan bahwa calon presiden nomor urut 2 tidak melakukan persiapan khusus menjelang debat perdana pada Selasa (12/12).

"Pak Prabowo persiapannya tidak ada yang khusus. Beliau persiapannya, ya, seperti biasa. Membaca, mendengar, kemudian tetap berolahraga, berenang, dan minum jamu," kata Muzani saat menghadiri acara deklarasi warga Tegal di Gedung Joang '45, Jakarta, Minggu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat yang akan dimulai dengan debat capres pada tanggal 12 Desember 2023 bertempat di halaman Kantor KPU RI, Jakarta.

Pada debat pertama tersebut, tema yang diangkat adalah pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, penanganan disinformasi, dan kerukunan warga.

Muzani mengatakan bahwa tema dalam debat pertama pada dasarnya sudah dipahami secara umum oleh Prabowo sehingga tim kampanye tidak menyiapkan pakar khusus untuk capres nomor urut 2 itu.

Ia menegaskan bahwa pasangan Prabowo-Gibran memiliki komitmen untuk membawa pemerintahan dengan mengutamakan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat.

Selain itu, paslon tersebut juga berkomitmen untuk menegakkan keadilan di tengah masyarakat melalui mekanisme hukum.

"Saya kira tidak ada hal khusus. Akan tetapi, bahwa ada diskusi-diskusi, iya. Mas Gibran pun demikian. Debat ini 'kan debat calon presiden, belum calon wakil presiden," ujar dia.

Debat capres/cawapres, kata Muzani, merupakan forum untuk memaparkan program kerja setiap paslon. Program tersebut akan menjadi program kerja pemerintah Indonesia apabila paslon terpilih pada Pilpres 2024. Oleh sebab itu, dia berharap masyarakat Indonesia mengikuti debat tersebut secara saksama.

Usai debat pertama, KPU akan menggelar debat selanjutnya pada tanggal 22 Desember untuk cawapres. Debat dilanjutkan pada tanggal 7 Januari 2024 untuk capres, kemudian pada tanggal 21 Januari 2024 untuk cawapres, dan terakhir pada tanggal 4 Februari 2024 untuk capres.

KPU juga telah memutuskan bahwa seluruh kegiatan debat akan disiarkan secara langsung di sejumlah televisi (TV) nasional dan kanal-kanal media elektronik lainnya.

Baca juga: TKN sebut Prabowo-Gibran punya keberpihakan pada ekonomi kerakyatan
Baca juga: LSI: Prabowo-Gibran ungguli Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023