Beijing (ANTARA) - Bank Pembangunan China (China Development Bank/CDB) mengatakan pihaknya menggelontorkan sekitar 18 miliar yuan (1 yuan = Rp2.164) atau sekitar 2,53 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.500) dalam bentuk pinjaman tahun ini untuk perlindungan sejumlah kota, kota kecil, serta desa yang memiliki nilai sejarah dan budaya.

Pinjaman tersebut mendukung serangkaian inisiatif termasuk proyek perlindungan, promosi, dan pemanfaatan berkualitas tinggi dari Kota Suzhou yang memiliki nilai sejarah dan budaya, serta proyek perlindungan dan pembaruan Sungai Qinhuai Kecil di kota kuno Yangzhou, menurut bank tersebut.

Hingga akhir November tahun ini, pinjaman CDB untuk perlindungan sejumlah kota, kota kecil, serta desa yang memiliki nilai sejarah dan budaya mencapai lebih dari 65 miliar yuan.

CDB akan memperdalam komunikasi dan kerja sama antara pemerintah, bank, dan perusahaan, serta menjajaki pembentukan basis data dari berbagai proyek utama yang mendukung perlindungan maupun pewarisan sejarah dan budaya, demikian menurut sejumlah pejabat bank terkait. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023