Jakarta (ANTARA) - Cabang olahraga menembak yang dibina Pengurus Besar Persatuan Menembak Dan Berburu Seluruh Indonesia (PB Perbakin) siap menggelar kejuaraan internasional Asian Rifle/Pistol Championship 2024 yang menjadi ajang kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Asian Rifle/Pistol Championship 2024 akan diadakan di Jakarta, pada 5-18 Januari 2024.

Rencana tersebut disampaikan Ketum PB Perbakin Letjen TNI Purn Joni Supriyanto saat menghadap Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman di Kantor KONI Pusat, Jakarta, Senin.

"Ini bukan Perbakin yang minta tetapi kami diberikan kepercayaan, tetapi kepercayaan ada konsekuensinya," ujar Joni dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Kejuaraan menembak internasional tersebut akan resmi dibuka pada 6 Januari 2024. Saat ini, sudah ada 30 negara yang mendaftar dengan melibatkan sekitar 599 atlet dan ofisial. Jumlah tersebut masih akan terus bertambah.

Asian Rifle/Pistol Championship 2024 memperebutkan 16 kuota untuk Olimpiade Paris 2024. PB Perbakin yakin atlet menembak Tanah Air mampu mengamankan tiket untuk berkompetisi di ajang olahraga multicabang terakbar tersebut.

Sebab, dari hasil latihan, atlet menembak binaan Perbakin mampu meraih nilai tinggi.

Baca juga: Atlet Paramenembak Hanik raih emas perdananya di WAG 2023

Joni menambahkan atlet menembak Indonesia berbakat sesuai dengan pelatihannya, baik dalam hal senjata angin maupun api, pistol maupun senapan.

Ketum KONI Pusat memberikan pujian dan apresiasi terhadap semangat PB Perbakin dalam membina atlet yang telah terbukti menyumbang dua medali emas pada Asian Games Hangzhou.

"Saya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap prestasi atlet-atlet Perbakin. Saya harapkan ke depan, beberapa atlet menembak yang lolos untuk Olimpiade ini semakin banyak dan prestasi Indonesia suatu hari juga terdukung oleh medali dari atlet-atlet Perbakin," kata Marciano.

"Dengan pola pembinaan yang ada, yang terus berjalan terus menerus tidak pernah putus, ini membuat atlet-atlet menembak semakin bagus. Saya harap penyelenggaraan ini sukses dan atlet Indonesia juga lolos Olimpiade."

Baca juga: Sukses di Asian Games 2022, Tera bidik Olimpiade 2024
​​​​​​​
Baca juga: Menpora RI bangga dengan medali emas menembak Asian Games 2022

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023