Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden RI Anies Baswedan mengatakan kegiatan Dialog Apindo dengan penyelenggara Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menjadi ajang bagi para pengusaha untuk membandingkan para calon presiden pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Melalui kesempatan itu, menurut Anies, para pengusaha bisa memberikan penilaian secara rasional terhadap para capres.

Pada acara itu Anies menjadi capres yang hadir pertama untuk mengisi dialog tersebut.

"Kesempatan ini, Apindo mengundang para calon untuk menyampaikan pikirannya, gagasannya," kata Anies usai mengisi dialog di Jakarta, Senin.

Dalam dialog itu, Anies memaparkan sejumlah topik mulai dari ekonomi yang perlu mewujudkan rasa keadilan, peran pengusaha untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, hingga upaya menciptakan iklim usaha yang kondusif dan transparan.

Menurut dia, dialog tersebut juga bisa dijadikan ajang untuk melihat rekam jejak para capres, mulai dari jejak gagasan, jejak karya, hingga jejak prestasi. Dengan demikian, hal itu bisa dijadikan oleh pengusaha yang tergabung dalam Apindo untuk memprediksi Indonesia ke depannya.

"Pertanyaan dalam dialog yang disampaikan adalah pertanyaan yang memancing agar kami bisa mengungkapkan rencana-rencana yang ada dalam visi dan misi kami," kata dia.

Selain Anies, ada dua capres lainnnya yang direncanakan hadir. Ganjar Pranowo dijadwalkan hadir pada pukul 14.00 WIB, sedangkan Prabowo Subianto dijadwalkan hadir pada pukul 19.00 WIB.

Sementara itu, Ketua Umum Apindo Shinta Widjaja Kamdani menjelaskan bahwa kegiatan itu merupakan kontribusi Apindo dalam menjalankan peran advokasi melalui penyerahan Roadmap Perekonomian Apindo 2024—2029 pada seluruh kandidat pemimpin bangsa.

Shinta Widjaja mengatakan bahwa penyusunan Roadmap Perekonomian Apindo menjelang transisi kepemimpinan itu agar bisa mengidentifikasi kendala, menyampaikan rekomendasi perubahan kebijakan, hingga kelembagaan dan tata kelola untuk 5 tahun ke depan.

"Oleh karena itu, Roadmap Perekonomian Apindo juga menjadi semacam guideline (pedoman) bagi pemerintahan baru dalam agenda transformasi perekonomian," kata Shinta.

Baca juga: Anies sebut elektabilitas naik karena masyarakat sadar butuh perubahan
Baca juga: Anies pelajari kondisi hukum-HAM terkini untuk hadapi debat perdana


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023