Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengatakan bahwa dirinya menerima masukan dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) guna mewujudkan target pertumbuhan ekonomi di atas 7 persen.

“Kita tahu ini barang tidak mudah, ini sesuatu yang mesti kita siapkan serius, maka tadi saya minta bantuan Apindo,” kata Ganjar usai menghadiri dialog Apindo di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin.

Ganjar menjelaskan bahwa masukan yang disampaikan oleh Apindo adalah membereskan permasalahan penegakan hukum di Indonesia.

Baca juga: Ganjar: Perlu penguatan hukum pastikan ekonomi tumbuh 7 persen

“Yang muncul dari kawan-kawan Apindo adalah tolong dong kami juga mau bekerja tetapi bereskan itu, soal penegakan hukum,” kata pasangan cawapres Mahfud Md tersebut.

Menurut Ganjar, jika penegakan hukum bisa benar-benar tegak maka Indonesia bisa mencontoh beberapa negara yang menerapkan tata kelola pemerintahan dengan baik. Salah satunya adalah Singapura.

Baca juga: TPN: Hilirisasi diperdalam, blusukan perkuat Ganjar adalah Jokowi 3.0

“Artinya kalau penegakan hukum itu bisa tegak setegaknya, terus kemudian layanan pemerintahannya bisa sangat baik, integritas aparaturnya bagus, maka kita bisa mencontoh beberapa negara yang memang mereka benar-benar good governance-nya bisa berjalan dengan baik. Singapura contohnya,” ujarnya.

Ganjar mengatakan bahwa jika seluruh aspek good governance telah berjalan dengan baik maka investasi semakin banyak dan pertumbuhan ekonomi semakin baik.

“Kemudian banyak orang mau berinvestasi dan sebagainya sehingga pertumbuhan ekonomi bisa cukup bagus. Ini yang menjadi masukan hari ini dari Apindo.

Baca juga: Jubir Muda yakin Ganjar-Mahfud kuat di isu pemberantasan korupsi

Sementara itu, Ganjar menegaskan bahwa target pertumbuhan ekonomi di atas 7 persen ditargetkan oleh dirinya bersama Mahfud agar Indonesia dapat lepas dari jebakan pendapatan kelas menengah atau middle-income trap.

Komisi Pemilihan Umum pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar hadiri dialog Apindo bahas peta jalan perekonomian Indonesia

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023