Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengungkapkan jajarannya menjamin keberlangsungan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan menjelang dan sesudah libur Natal dan Tahun Baru 2024 berjalan lancar.

“Seluruh instansi pemerintah perlu tetap melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap pemenuhan, pencapaian sasaran, dan target kinerja pegawai,” kata Anas dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Anas menyebut saat ini sudah tidak ada kebijakan yang berlaku tentang pembatasan bepergian bagi aparatur sipil negara (ASN).

Pemberian cuti tahunan dilakukan dengan mempertimbangkan beban kerja, sifat, karakteristik tugas, dan jumlah pegawai dari masing-masing instansi pemerintah.

Selain memastikan layanan pemerintah tetap berjalan lancar, ujar dia, pemerintah menyiapkan berbagai skema agar alur perjalanan masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru 2024 berjalan aman dan lancar.

“Pemerintah telah mengantisipasi dengan menyiapkan beberapa langkah, di antaranya pengaturan transportasi darat,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

Kesiapan ini dilakukan mengingat sekitar 107 juta masyarakat Indonesia diprediksi melakukan perjalanan saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Diharapkan penanganan lalu lintas darat ini akan jauh lebih baik dibanding Natal dan Tahun Baru 2023,” ujarnya.

Muhadjir menyebut puncak arus mudik Natal diprediksi terjadi pada 22 hingga 23 Desember 2023. Sedangkan arus balik diprediksi sampai 26 sampai dengan 27 Desember 2023.

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan sekitar 107,63 juta orang akan melakukan perjalanan selama libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Baca juga: Kemenkes buka layanan vaksinasi COVID-19 di jalur mudik Natal
Baca juga: Kemenhub imbau masyarakat atur pembelian barang pada masa libur Natal


Mengantisipasi hal itu, Kemenko PMK merangkul berbagai pihak yang terkait teknis terkait perhubungan. Hal ini dibahas dalam rapat tingkat menteri.

Rapat Tingkat Menteri ini turut mengundang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Dari luar kementerian, rapat ini dihadiri pula jajaran Basarnas, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB); Korlantas Polri, PT Angkasa Pura; serta PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry.

Muhadjir menyebut guna memperlancar arus lalu lintas di musim libur Natal dan Tahun Baru 2024, pemerintah memberikan layanan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan tiket transportasi.

Pembelian tiket transportasi secara online akan diperluas titiknya. Selain itu, jadwal perjalanan kereta, pesawat,  kapal akan disesuaikan, dan dilakukan penambahan.

"Peningkatan layanan "rest area" juga akan diperbaiki di jalur-jalur tol. Kemudian penambahan jadwal penerbangan, penyesuaian jadwal kapal penumpang, serta perjalanan kereta api akan disesuaikan," ujar Muhadjir.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023