Kami bersyukur bisa ikut berperan aktif dalam peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Probolinggo yang sudah mencapai 51,3 kg/kapita/tahun
Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Probolinggo Jawa Timur meraih penghargaan karena berperan aktif dalam meningkatkan konsumsi ikan di wilayah kabupaten setempat pada peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-10 di Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan itu disampaikan oleh Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin kepada Ketua Forikan Kabupaten Probolinggo Rita Erik Susanti di Surabaya, Senin.

"Kami bersyukur bisa ikut berperan aktif dalam peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Probolinggo yang sudah mencapai 51,3 kg/kapita/tahun," kata Ketua Forikan Kabupaten Probolinggo Rita Erik Susanti dalam keterangan tertulis yang diterima di Probolinggo.

Menurutnya setiap warga Kabupaten Probolinggo sudah mengonsumsi ikan laut sebanyak 51,3 kg, namun pihaknya terus melakukan sosialisasi tentang gemar makan ikan.

"Manfaatnya sangat luar biasa, mulai dari bayi sampai lansia terutama pada ibu hamil dan anak balita sangat membutuhkan ikan laut karena ada protein, DHA maupun lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, untuk perkembangan otak para balita," katanya.

Ia menjelaskan, Kabupaten Probolinggo adalah penghasil ikan laut yang sangat melimpah, sehingga harapannya juga masyarakat yang ada di daerah pegunungan juga mengonsumsi ikan laut dan lepas dari stunting serta para lansia dan ibu hamil menjadi sehat.

"Ke depan kami juga berencana untuk membentuk Forikan di tingkat kecamatan agar upaya meningkatkan angka konsumsi ikan - AKI - semakin terpadu dan terarah di semua lini guna menunjang terwujudnya Generasi Emas 2045," katanya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Achmad Aruman mengatakan tingkat konsumsi ikan secara umum di Kabupaten Probolinggo mengalami peningkatan dari 46 kg/kapita/tahun menjadi 51,3 kg/kapita/tahun di tahun 2022.

"Kami akan memperluas cakupan gemar makan ikan khususnya di kecamatan wilayah daerah pegunungan, sehingga dapat mengurangi angka stunting," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023