Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kemenkominfo) Usman Kansong menyebutkan beragam persiapan yang dilakukan pemerintah untuk memastikan layanan komunikasi aman dan andal saat libur akhir tahun.

Mulai dari koordinasi dengan para penyelenggara telekomunikasi hingga melakukan pengetesan jaringan menjadi beberapa persiapan yang dilakukan Kementerian Kominfo untuk menghadirkan layanan telekomunikasi andal momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kami memprediksikan bahwa akan terjadi peningkatan trafik telekomunikasi selama periode natal dan tahun baru ini. Karenanya kami terus berkoordinasi dengan para operator seluler mengenai kesiapannya," kata Usman di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin.

Baca juga: APJII diminta terlibat susun Peta Jalan Infrastruktur Telekomunikasi

Usman mengatakan dari koordinasi yang telah dilakukan untuk para penyelenggara telekomunikasi didapati bahwa rata-rata penyelenggara telekomunikasi meningkatkan dan menguatkan kapasitas telekomunikasi.

Misalnya dari penyelenggara telekomunikasi terbesar seperti Telkom diketahui telah menyiapkan kapasitas layanan sebesar 49,7 Terabit persekon (Tbps) dan akan mengekspansi jaringan tulang punggung (backbone) miliknya dengan kapasitas sebesar 28,3 Gigabit persekon (Gbps).

Lalu hal tersebut juga dilakukan oleh para operator seluler, untuk Telkomsel diketahui menghadirkan kapasitas jaringan sebesar 13,21 Tbps untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia secara nasional.

Operator seluler lainnya seperti Indosat Ooredo Hutchitson (IoH) meningkatkan kapasitas layanannya hingga 50 persen lebih banyak daripada hari normal dan juga XL Axiata meningkatkan layanannya hingga dua kali lipat selama masa libur akhir tahun.

Terakhir untuk operator seluler Smartfren juga ikut meningkatkan kapasitas layanannya hingga enam persen lebih banyak untuk menghadapi peningkatan layanan telekomunikasi di masa libur natal 2023 dan tahun baru 2024.

Usman lebih lanjut mengatakan Direktorat Jendral Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kemenkominfo juga menyiapkan pengawasan khusus untuk spektrum frekuensi di tempat-tempat transportasi publik seperti pelabuhan, bandara, dan terminal.

Langkah pengawasan itu diharapkan dapat menjaga stabilitas layanan telekomunikasi di tengah peningkatan perjalanan saat libur natal 2023 dan tahun baru 2024 berlangsung.

Optimasi jaringan itu juga dilakukan di titik-titik keramaian lainnya seperti jalur mudik, pusat perbelanjaan, tempat ibadah, tempat wisata, dan permukiman yang berpotensi mengalami pertumbuhan traffic broadband yang signifikan.

Kementerian Kominfo juga akan melakukan pengetesan jaringan atau rehearsal test dan drive test di sepanjang jalur mudik untuk memastikan jaringan kualitas layanan tetap terjaga bagi masyarakat yang melakukan perjalanan darat.

"Kami berharap mudik natal dan tahun baru ini bisa berlangsung lancar tanpa hambatan berarti. Dan kalau ada hambatan muncul kami selesaikan di kesempatan pertama dalam waktu yang cepat," tutup Usman.

Baca juga: Infrastruktur telekomunikasi andal sukseskan Piala Dunia U-17

Baca juga: Telkomsel perkuat infrastruktur sambut libur Natal dan Tahun baru

Baca juga: Ombudsman: Infrastruktur telekomunikasi wujud pelayanan publik

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023