masalah jalan sedang kita kaji
Jakarta (ANTARA) - DPRD Provinsi DKI Jakarta mengkaji perubahan nama Jalan Kebon Sirih menjadi Ali Sadikin sebagai bentuk penghargaan kepada jasa tokoh DKI Jakarta.

“Tidak hanya gedung Blok G saja yang diubah menjadi Ali Sadikin, untuk masalah jalan sedang kita kaji," kata Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa.

Prasetyo menjelaskan kajian itu memperhatikan apakah usulan perubahan nama jalan akan memberatkan para pemilik wilayah atau kantor yang ada di kawasan tersebut.

Terlebih, dia menilai pengabadian nama Gubernur DKI Jakarta tahun 1966-1977 itu merupakan tanda penghargaan dari pemerintah atas jasa-jasa Ali Sadikin membangun Kota Jakarta.

Baca juga: Pj Gubernur DKI resmikan Grha Ali Sadikin

“Ya kita menghargai tokoh DKI Jakarta, salah satu tokoh yang potensial itu adalah almarhum Pak Ali Sadikin,” ujarnya.

Selain itu, dia juga menyoroti perubahan nama gedung Blok G bertujuan untuk turut menghormati jasa Ali Sadikin selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Ya menghormati beliau sebagai pendahulu kita, Ali Sadikin,” ungkapnya.

Sementara itu, anak Ali Sadikin Boy Bernardi Sadikin mengaku berterima kasih kepada Ketua DPRD serta Pemerintah Provinsi DKI atas pemberian nama sang ayah pada Balai Kota DKI Jakarta.

Baca juga: HUT DKI, DPRD minta pemprov tetapkan nama Ali Sadikin jadi nama jalan

“Atas nama keluarga saya mengucapkan terima kasih banyak karena ada penghargaan dari Pemda untuk mengganti nama Blok G jadi Grha Ali Sadikin,” ujar Boy.

Ali Sadikin merupakan Gubernur DKI Jakarta pada 1966 hingga 1977.

Di bawah kepemimpinannya, Ali telah melahirkan berbagai proyek pembangunan seperti Taman Ismail Marzuki, Kebun Binatang Ragunan, Taman Impian Jaya Ancol, hingga pelestarian budaya Betawi di Condet.

Selain itu, Ali Sadikin juga mencetuskan Pekan Raya Jakarta yang saat ini dikenal dengan nama Jakarta Fair, hingga memperbaiki sarana transportasi dengan memperbanyak bus dan membangun halte.

Baca juga: Usulan Jalan Ali Sadikin segera ditindaklanjuti

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023