Dengan terbentuknya KNTI Kabupaten Cilacap, kami siap menampung usulan dan permasalahan nelayan seputar perubahan iklim bagi nelayan tradisional termasuk memberikan pendampingan dalam meningkatkan pendapatan hasil melaut ....
Cilacap (ANTARA) - Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, siap mendampingi nelayan tradisional dalam meningkatkan pendapatan hasil melaut dan kesejahteraan keluarga.

"Dengan terbentuknya KNTI Kabupaten Cilacap, kami siap menampung usulan dan permasalahan nelayan seputar perubahan iklim bagi nelayan tradisional termasuk memberikan pendampingan dalam meningkatkan pendapatan hasil melaut serta kesejahteraan keluarganya," kata Ketua KNTI Kabupaten Cilacap Rosikin di Cilacap, Selasa.

Menurut dia, usulan yang ditampung oleh KNTI tidak hanya berasal dari nelayan tradisional, juga pembudi daya ikan dan masyarakat pesisir di Kabupaten Cilacap.

Baca juga: Gubernur Jatim apresiasi peran nelayan beri banyak kontribusi

Setelah diidentifikasi dan didokumentasikan, kata dia, usulan-usulan tersebut akan didiskusikan dan dirumuskan bersama-sama untuk disampaikan kepada KNTI Pusat agar mendapatkan solusi konkret dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

"Intinya KNTI bertujuan untuk mendampingi nelayan tradisional khususnya di Kabupaten Cilacap agar tercapai harapannya, yaitu hidup sejahtera," katanya menegaskan.

Rosikin mengatakan KNTI dibentuk untuk menyikapi perubahan iklim ekstrem agar nelayan tetap bisa melaut serta memberikan pendampingan, edukasi, dan solusi atau jalan keluar terkait permasalahan yang dihadapi nelayan.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga jelaskan upaya meningkatkan ekonomi nelayan

Menurut dia, KNTI juga akan bekerja sama dengan berbagai pihak sesuai bidang kepengurusan yang ada di struktur organisasi.

"Masing-masing bidang akan bergerak untuk menyelesaikan berbagai permasalahan nelayan tradisional," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023