Bahwa kemudian ada hasil survei yang berbeda-beda, bisa saja karena ada situasi 'extraordinary' (luar biasa) di masyarakat karena intervensi yang terjadi dan mengemuka hari-hari ini
Jakarta (ANTARA) - Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Sumantri Suwarno, mengibaratkan survei bagai termometer bagi tubuh, mendeteksi tinggi rendahnya suhu.

Sumantri dalam keterangannya disiarkan di Jakarta, Selasa, menyebut bahwa termometer tidak bisa serta merta menangkap mengapa suhu tubuh naik atau turun, apakah suhu naik karena sakit atau karena baru saja mendapat suntikan vaksin.

TPN Ganjar Mahfud memiliki data survei internal dan monitoring dinamika opini publik yang menunjukkan masyarakat semakin keras menolak calon yang bermasalah secara etik dan diragukan kapasitasnya.

"Bahwa kemudian ada hasil survei yang berbeda-beda, bisa saja karena ada situasi extraordinary (luar biasa) di masyarakat karena intervensi yang terjadi dan mengemuka hari-hari ini," ujar Sumatri.

Baca juga: Jubir AMIN tanggapi hasil survei Litbang Kompas

Baca juga: Gibran: Jangan terlena hasil survei yang bagus


Atas situasi ini, TPN Ganjar Mahfud percaya bahwa masyarakat seiring waktu akan menemukan jalan terang dalam menentukan pilihan.

Ajang 5 kali debat akan menjadi pembuktian kapasitas kepemimpinan dan track record (rekam jejak) yang dimiliki para calon.

Oleh karenanya TPN Ganjar Mahfud sangat optimistis, pada akhirnya kapasitas, integritas, dan pengalaman Mas Ganjar dan Prof. Mahfud akan menjadi pilihan paling logis bagi Indonesia, tutur Sumantri.

Baca juga: Ganjar: Hasil survei politik jadi pemicu agar kerja lebih baik lagi

Baca juga: Mahfud Md tanggapi santai hasil survei rendah


Survei Litbang Kompas yang dirilis di Jakarta, Senin (11/12) melaporkan keterpilihan pasangan Prabowo-Gibran berada di urutan teratas mengungguli pasangan Anies-Muhaimin dan pasangan Ganjar-Mahfud.

Prabowo-Gibran berada di urutan pertama dengan perolehan suara 39,3 persen, sementara Anies-Muhaimin berada di urutan kedua dengan suara 16,7 persen dan posisi ketiga pasangan Ganjar-Mahfud dengan suara 15,3 persen.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023