Nggak akan mungkin (satu putaran)
Kabupaten Lebak (ANTARA) -
Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud wilayah Banten, Rano Karno, menyebutkan hasil survei internal menunjukkan elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 itu mengalami kenaikan signifikan di Banten.

"Kami mulai dari 11 persen, sekarang 21 persen hasil survei internal," kata Rano Karno usai deklarasi dukungan dan temu wicara dengan warga Cilangkahan di Islamic Center, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, Jumat.

Kenaikan angka tersebut, menurut Rano, merupakan hasil kerja keras selama lebih dari satu bulan oleh TPD Ganjar-Mahfud, termasuk kinerja partai pendukung dan relawan.

Baca juga: TPD Ganjar-Mahfud Banten terima aspirasi pemekaran Cilangkahan

Dengan demikian, Rano Karno meyakini bahwa Pilpres 2024 tidak akan berlangsung satu putaran.

"Nggak akan mungkin (satu putaran). Kalau itu propaganda, satu putaran, boleh-boleh saja. Tetapi kan beberapa lembaga survei mengatakan kalau tiga pasangan calon sulit untuk satu putaran, pasti dua putaran," jelas mantan gubernur Banten itu.

Terkait dugaan kecurangan yang kian masif menjelang hari pencoblosan, Rano tidak menampik jika dugaan kecurangan itu terjadi pula di Banten.

Dia memberi contoh ketika spanduk untuk menyambut calon wakil presiden Mahfud MD ke Banten hilang sangat cepat.

"Jam 03.00 pagi kami pasang spanduk-spanduk, jam 05.00 pagi sudah hilang, dan itu tidak hanya terjadi di satu tempat. Padahal waktu itu kunjungan Pak Mahfud," ungkapnya.

Baca juga: Ganjar berziarah ke makam Bathara Katong saat kampanye di Ponorogo

Dia menepis tudingan bahwa beberapa dugaan kecurangan tersebut dianggap sebagai playing victim atau pihaknya bertindak seolah-olah seperti korban untuk membela diri tim pemenangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Bukan playing victim, ya; kalau sudah begini, paling enak cari yang seperti itu supaya pemaklumannya luar biasa," ujar Rano Karno.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: TPN ajak pendukung menangkan Ganjar-Mahfud dua putaran Pilpres 2024

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024