Kabupaten Lebak (ANTARA) -
Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud di Banten menerima aspirasi masyarakat setempat mengenai usulan pemekaran wilayah Cilangkahan di Kabupaten Lebak, Banten, supaya menjadi kabupaten terpisah.

Aspirasi itu diterima langsung oleh Ketua TPD Ganjar-Mahfud Banten, Rano Karno, di Islamic Center, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, Jumat.

"Hari ini, masyarakat Cilangkahan memberikan aspirasinya, terutama kepada kami dari TPN untuk disampaikan kepada Mas Ganjar. Kalau Mas Ganjar jadi presiden, mereka berharap Cilangkahan menjadi kabupaten," kata Rano Karno.

Menurut Rano, usulan pemekaran wilayah yang terdiri atas 10 kecamatan menjadi sebuah kabupaten itu bukanlah wacana baru. Usulan itu muncul sejak Rano Karno masih menjabat sebagai gubernur Banten.

"Saat saya menjadi gubernur pun, sudah 10 tahun sebelumnya, Cilangkahan masuk dalam rencana pemekaran kabupaten waktu itu. Sudah masuk dalam perencanaan, cuma ada moratorium yang presiden tidak memberikan kesempatan untuk melakukan pemekaran," jelas Rano.

Baca juga: TPN ajak pendukung menangkan Ganjar-Mahfud dua putaran Pilpres 2024
​​​​​​​
Salah satu faktor yang membuat Cilangkahan diusulkan menjadi kabupaten ialah kendala yang dihadapi masyarakat setempat yang harus menempuh jarak jauh untuk mengurus keperluan administrasi ke Ibu Kota Kabupaten Lebak di Rangkas Bitung.

"Untuk mengurus administrasi, orang Cilangkahan harus ke Kabupaten Lebak yang jaraknya 3,5 jam. Mengurus KTP musti kesana, itu kan jauh. Nah, ini semuanya untuk administrasi," jelas Rano Karno.
​​​​​​​
Dia menambahkan Cilangkahan tidak berpotensi menjadi ceruk suara pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Provinsi Banten, karena jumlah suara di wilayah tersebut hanya sekitar 400 ribu Daftar Pemilih Tetap (DPT), sementara total DPT Provinsi Banten mencapai 8,8 juta.

Meski demikian, kata Rano, pihaknya akan tetap memperjuangkan aspirasi masyarakat Cilangkahan jika pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD memenangi Pilpres 2024.

Baca juga: TPN: Ada 18 provinsi lumbung suara Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

"Kalau dikatakan ceruk, mungkin ngga besar, ya, dibandingkan (jumlah DPT) Provinsi Banten yang 8,8 juta; tetapi di sini ada masyarakat yang berharap," ujar Rano Karno.
​​​​​​​
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar-Mahfud tunjuk Rano Karno sebagai Ketua Tim Pemenangan Banten

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024