penerima program ini, biaya kuliah selama 8 semester gratis
Serang (ANTARA) - Anggota Komisi X DPR RI Rano Karno menyampaikan motivasi belajar kepada seribu lebih mahasiswa baru Universitas Faletehan Serang, dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Faletehan di Serang, Rabu.

"Dulu pada tahun pertama saya ke sini, sunyi senyap tanpa senyum. Sekarang berbeda, semua tertawa. Oh ternyata apa? KIP yang pernah saya sampaikan dua tahun lalu, mengantarkan mahasiswa pada jenjang yang lebih tinggi," kata Rano Karno disambut tepuk tangan para mahasiswa.

Ia mengatakan, ia hadir di kampus tersebut untuk menyampaikan aspirasi yang disampaikan dua tahun lalu kepadanya terkait program Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Menurutnya, pada 2021 lalu ia menyerahkan 150 beasiswa melalui program KIP Kuliah ke Universitas Faletehan. Kemudian pada tahun 2022 menyerahkan 155 beasiswa dan Tahun 2023 diserahkan 100 beasiswa melalui program tersebut.

"Program ini merupakan hak aspirasi saya sebagai anggota DPR RI dan berhak diberikan kepada siapa saja," kata Rano yang juga mantan Gubernur Banten.

Baca juga: SIMAK UI terima 2.125 calon mahasiswa, 93 dari Program KIP Kuliah
Baca juga: USK Banda Aceh beri keringanan biaya bagi calon mahasiswa kurang mampu


Ia mengatakan, bantuan uang kuliah dan uang saku dari program tersebut lumayan besar. Bantuan uang saku program ini berkisar Rp800 ribu sampai Rp1,4 juta per bulan bagi masing-masing penerima beasiswa.

"Jadi selain biaya kuliah, pemerintah juga membantu uang saku setiap bulan," kata politisi PDI Perjuangan ini.

Kemudian, bantuan biaya uang kuliah per semester yakni akreditasi A dari Rp8 juta sampai Rp12 juta per semester. Kemudian, B sebesar Rp4 juta dan akreditasi C sebesar Rp2,5 juta.

"Jadi bagi penerima program ini, biaya kuliah selama 8 semester gratis," kata Rano.

Rano mengatakan, pihaknya juga di Komisi X DPR RI baru saja menyetujui anggaran untuk Kementerian Pendidikan untuk Tahun 2023 yang nilainya naik dibanding Tahun 2022.

"Tahun 2022 anggarannya hanya sekitar Rp86 triliun. Tapi saat ini meningkat hampir Rp97 triliun. Jadi peningkatannya hampir Rp16 triliun," kata Rano.

Ia sebagai anggota Komisi X DPR meminta kepada para mahasiswa tersebut agar menuntaskan program kuliahnya tepat waktu sampai selesai.

Baca juga: Sebanyak 597 mahasiswa SNBP lulus Beasiswa KIP Kuliah di USK
Baca juga: ULM terima 411 calon mahasiswa KIP Kuliah di jalur SNBP 2023
Baca juga: Wilayah Kalimantan dapatkan kuota KIP Kuliah 1.758 mahasiswa

Pewarta: Mulyana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023