Pasangan Anies-Muhaimin telah melakukan persiapan komprehensif untuk debat malam ini
Jakarta (ANTARA) - Dewan Pakar Tim Nasional Anies-Muhaimin (AMIN) memaparkan kesiapan pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar jelang debat yang diselenggarakan KPU RI di Jakarta, Selasa malam.

"Pasangan Anies-Muhaimin telah melakukan persiapan komprehensif untuk debat malam ini," kata Dewan Pakar Timnas AMIN Fahrus Zaman Fadhly.

Dia menjelaskan Anies dan Muhaimin telah melakukan serangkaian diskusi mendalam, untuk memastikan bahwa mereka dapat menawarkan perspektif yang solutif dan inovatif untuk setiap tema.

"Dalam aspek Pemerintahan, kami telah menyiapkan strategi dan rencana tindak, yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pemerintahan, memastikan bahwa setiap kebijakan dibuat dan diimplementasikan demi kesejahteraan rakyat," jelasnya.

Sementara itu di bidang Hukum dan HAM lanjut Fahrus, pasangan AMIN berkomitmen untuk memperkuat lembaga hukum dan menjamin penegakan HAM.

"Kami telah merencanakan pendekatan, untuk memastikan bahwa hukum ditegakkan dengan adil dan tanpa diskriminasi," ujarnya.

Lanjut dia, dalam upaya pemberantasan korupsi, pasangan AMIN sangat menyadari pentingnya pemberantasan korupsi dan telah merencanakan langkah-langkah konkret untuk memerangi korupsi di semua level pemerintahan.

Baca juga: Timnas AMIN gelar kenduri rakyat sambut debat perdana

Baca juga: Ganjar jelang debat: Tadi sudah olahraga, lari sama istri


Selanjutnya, untuk penguatan demokrasi, Anies dan Muhaimin percaya pada kekuatan demokrasi dan telah menyiapkan ide-ide untuk memperkuat institusi demokrasi, memastikan partisipasi aktif warga dalam proses demokrasi.

Dalam hal peningkatan layanan publik, Timnas AMIN telah mengevaluasi berbagai aspek layanan publik dan menyiapkan rencana, untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan, dengan tujuan utama untuk meningkatkan kualitas hidup warga.

"Mengingat pentingnya kerukunan warga dalam masyarakat yang majemuk, pasangan AMIN telah menyiapkan strategi untuk mempromosikan toleransi dan kerukunan antarwarga," jelasnya.

Dia pun meyakini dengan persiapan yang telah dilakukan, Anies dan Muhaimin akan mampu menyampaikan pesan mereka dengan jelas dan meyakinkan pemilih, tentang komitmen mereka terhadap pembangunan nasional dan reformasi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat pertama dengan tema, pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat dilaksanakan selama 120 menit yang terbagi dalam enam segmen. Segmen pertama, setiap capres diberikan kesempatan untuk memaparkan visi, misi dan program selama empat menit. Segmen kedua dan ketiga, pendalaman visi misi oleh moderator, dengan total 18 pertanyaan yang dibuat 11 panelis. Segmen itu juga memberikan ruang untuk para calon saling berinteraksi atau saling sanggah.

Baca juga: Ridwan Kamil sebut Prabowo akan beri kejutan saat debat

Segmen keempat dan kelima diisi oleh tanya jawab dan tanggapan. Pasangan calon dapat melakukan interaksi, tanggapan, lontaran pertanyaan dari pasangan calon dan direspons oleh pasangan calon yang lain. Segmen keenam dikhususkan untuk penyampaian pernyataan penutup dari masing-masing calon presiden.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023