Kalau masalah stok bahan pangan dan daging, Insya Allah aman dan tercukupi sampai akhir tahun 2023
Lampung Selatan (ANTARA) - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi menjamin stok pangan strategis dan daging sapi tercukupi serta aman secara nasional menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kalau masalah stok bahan pangan dan daging, Insya Allah aman dan tercukupi sampai akhir tahun 2023," kata Wamentan Harvick Hasnul Qolbi, di Lampung Selatan, Selasa.

Diakui Wamentan, yang menjadi persoalan pada hari-hari besar seperti Natal dan Tahun Baru serta hari raya lainnya adalah harga dan stok bahan pangan tidak stabil. Oleh karena itu pihaknya terus memantau perkembangan pasar untuk menstabilkan hal tersebut.

"Yang namanya hari-hari besar memang pasti menjadi kendala besar, seperti harganya naik dan stoknya berkurang," kata Wamentan. 

Baca juga: Bapanas sebut stok 12 komoditas pangan aman hingga akhir 2023

Ia juga memastikan bahwa pemerintah akan bahu-membahu memastikan ketersediaan stok pangan bagi masyarakat, salah satunya melalui mobilisasi pangan antardaerah melalui FDP (Fasilitasi Distribusi Pangan) guna mengimbangi daerah yang punya stok berlebih dengan daerah yang stok defisit atau mengalami lonjakan.

"Kami juga terus mengimbau dinas terkait untuk memantau pasar untuk mengetahui stok dan harga kebutuhan bahan pokok stabil di setiap daerah," ujarnya.

Sebelumnya Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menjamin stok pangan strategis bagi masyarakat tercukupi dan aman secara nasional menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Stok pangan kita secara nasional aman dan cukup. Akan tetapi momentum Natal-Tahun Baru yang merupakan peak season akan berdampak pada peningkatan harga pangan. Masyarakat dipersilakan untuk selalu berbelanja bijak sesuai dengan kebutuhan," katanya. 

Baca juga: NFA jamin stok pangan nasional aman jelang Natal dan tahun baru

Wamentan Harvick Hasnul Qolbi meninjau pasokan produksi ternak di Koperasi Produksi Ternak (KPT) Maju Sejahtera, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Selasa.

Wamentan didampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi beserta jajaran pemerintahan daerah (pemda) mengecek sejumlah ternak milik koperasi yang ada di KPT tersebut. Wamentan disambut oleh ratusan warga dan para pelajar sekolah dasar di wilayah itu.

Dalam sambutannya saat di KPT Maju Sejahtera, Wamentan mendorong Lampung ini menjadi lumbung pangan nasional.

"Tinggal bagaimana kita memanfaatkan potensi-potensi yang ada, baik sektor peternakan, pertanian, perkebunan, maupun tanaman pangan. Kami berharap sekali sarana prasarana pertanian dan peternakan bisa melakukan pengolahan pangan secara mandiri," kata Wamentan Harvick Hasnul Qolbi.

Baca juga: Wamentan dorong Lampung Selatan jadi contoh produksi ternak bermutu
Baca juga: Wamentan tinjau pasokan produksi ternak di Lampung Selatan
 

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023