.....mengapresiasi peternakan di sini karena mampu melakukan budi daya ternak dengan baik.
Sorong (ANTARA) - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi terus mendukung dan mendorong pengembangan potensi peternakan sapi potong di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat untuk terus ditingkatkan.

Wamentan Harvick saat meninjau peternakan yang dikelola oleh Kelompok Tani Peternak Tunas Niaga, di Distrik Mariat, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Jumat, mengapresiasi peternakan di sini karena mampu melakukan budi daya ternak dengan baik.

"Senang sekali karena jumlah tersebut sudah maksimal. Tapi per hari pemotongannya ini sudah banyak sekali, rumah potong hewan-nya tinggi sekali sekitar 20 ekor per hari," kata Wamentan.

Harvick mengatakan populasi hewan sapi potong di Kabupaten Sorong perlu ditingkatkan guna memenuhi kebutuhan daging di wilayah Papua Barat Daya.

Ia berharap Kabupaten Sorong dapat menjadi lumbungnya ternak sapi dari Papua Barat Daya, mengingat selama ini kebutuhan daging sapi di provinsi ke-38 ini sebagian besar dipenuhi dari Kabupaten Sorong.

"Tujuan kami ke sini salah satunya meningkatkan produksi sapi di Sorong, karena kebutuhan daging sangat tinggi. Jadi dengan produktivitas yang tinggi diharapkan dapat memenuhi kebutuhan daging, utamanya di Papua Barat Daya," ujarnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sorong Heny Nauw mengungkapkan daerahnya mampu menyumbang hewan sapi potong terbesar di Provinsi Papua Barat Daya. Pada tahun 2022 lalu, jumlah populasi sapi di daerah tersebut mencapai 24.300 ekor.

Menurutnya, Kabupaten Sorong merupakan pintu gerbang di Tanah Papua, sehingga diharapkan dapat mendukung ketahanan pangan di tiap-tiap provinsi tersebut.

"Pada tahun 2022, jumlah populasi sapi di kabupaten Sorong mencapai 24,300 ekor yang mampu menyumbang dua perempat kebutuhan di Provinsi Papua Barat Daya. Ini harus kita tingkatkan lagi dengan dukungan Kementerian Pertanian," katanya lagi.
Baca juga: Presiden siapkan lahan 10 ribu hektare lahan jagung di Keerom Papua
Baca juga: Mensos beri bantuan 1.000 ekor babi kepada warga Papua Pegunungan

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023