Situasi saat ini aman
Jakarta (ANTARA) - Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengapresiasi sikap tertip para pendukung setiap pasangan calon (paslon) yang menghadiri debat perdana Capres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, sehingga situasi di lokasi menjadi aman dan terkendali.
 
"Situasi saat ini aman, karena ini aturan pihak KPU," kata Susatyo saat dihubungi di Jakarta, Selasa.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menambah jatah yang diberikan untuk para pendukung setiap pasangan calon (paslon) menghadiri langsung di lokasi debat perdana Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12).
 
KPU awalnya hanya memberi jatah 50 kursi untuk pendukung setiap paslon, tetapi setelah menghitung ulang lembaga penyelenggara pemilu itu menambah kuota menjadi sebanyak 75 kursi pendukung per paslon.
 
Selain itu, situasi lalu lintas di sekitaran Kantor KPU RI juga terpantau aman dan lancar. Oleh karena itu, demi menjaga kelancaran bersama hingga debat perdana Capres 2024 ini selesai, Susatyo mengimbau masyarakat untuk mencari jalan alternatif lain.
 
"Untuk hindari ruas jalan sekitar KPU (agar tetap aman)," ujar Susatyo.
 
Polisi mulai menutup Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat menjelang debat perdana Calon Presiden (Capres) 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat yang akan dimulai pukul 19.00 WIB.
 
"Ya demi kenyamanan bersama, dan juga keamanan saat berlangsungnya acara debat," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro sambil memberikan arahan ke personel pengamanan di depan Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa.
 
Terlihat kerucut lalu lintas (traffic cone) dan papan pengalihan arus lalu lintas sudah terpasang di persimpangan Jalan Imam Bonjol.
 
Hingga saat ini, Jalan Imam Bonjol masih ditutup demi kelancaran acara debat perdana Capres 2024. Kendaraan yang melewati kawasan di sekitaran KPU RI terlihat lancar dan aman kendali.
 
Sejumlah personel pengamanan mulai dari jajaran kepolisian, TNI, Polri, dan pengamanan dalam dari pihak KPU RI masih terus berjaga di kawasan Kantor KPU RI.
 
KPU menyelenggarakan debat pertama capres-cawapres Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa, dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.
 
Debat diikuti tiga pasangan capres-cawapres yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.
 
Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo: Saya pertaruhkan nyawa untuk bela demokrasi, hukum, dan HAM

Baca juga: Ahmad Muzani tegaskan Prabowo siap hadapi pertanyaan debat soal HAM

Baca juga: Sekjen PDIP menduga “undecided voter” tinggi karena intimidasi

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023