Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Selatan mengerahkan personel gabungan untuk menghadapi musim hujan.

"Kita hari ini harus pastikan Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan semua siap tempur dalam menangani permasalahan kebencanaan di wilayahnya," kata Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta Satriadi Gunawan di Kantor Sektor 01 Gulkarmat Kecamatan Tebet di Jakarta, Selasa.

Satriadi mengatakan, apel ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan baik personel, unit, maupun alat - alat yang digunakan dalam proses penanganan kebencanaan.

Maka dari itu, dia mengimbau bagi personel Gulkarmat yang berada di wilayah kelurahan atau kecamatan untuk melakukan maping lokasi rawan bencana.

"Serta terus lakukan koordinasi dengan pemangku wilayah maupun Sudin terkait agar di dalam pelaksanaannya berjalan dengan lancar," tegasnya.

Sementara, Kepala Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan Syamsul Huda menjelaskan, apel hari ini turut dihadiri 400 personel Gulkarmat, 50 Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) dan 50 petugas gabungan PPSU dan Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan.

"Personel, unit dan alat pemadam kebakaran serta penyelamatan juga bisa dipastikan siap tempur menangani bencana," ujar Huda.

Dengan demikian, Pemerintah Provinsi DKI optimis dampak musim hujan khususnya pada momen puncak yang diprediksi terjadi pada Januari dan Februari 2024 akan bisa teratasi dan mampu meminimalisir akibat buruk dibanding tahun sebelumnya.

Sebelumnya, Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta memfasilitasi masyarakat untuk bisa mengakses peringatan dini banjir secara daring melalui aplikasi Sistem Peringatan Dini Banjir.

Ketua Subkelompok Perencanaan Pengendalian Banjir dan Drainase Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta Maman Supratman di Jakarta, Rabu, mengatakan, melalui aplikasi tersebut masyarakat dapat memantau tinggi muka air dan melakukan mitigasi banjir sesegera mungkin jika tinggi muka airnya meningkat.

Baca juga: DKI bersihkan Bidara Cina yang sebelumnya tergenang akibat hujan

Baca juga: Petugas pemadam Jakarta raih juara pada kompetisi di Singapura

Baca juga: Gulkarmat ingatkan warga tak bakar sampah saat kemarau

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023