London (ANTARA News) - Istri Pangeran William, Kate, melahirkan seorang bayi berjenis kelamin laki-laki, Senin sore waktu setempat.

Kelahiran anak pertama pasangan kerajaan yang berada di urutan ketiga pewaris tahta Kerajaan Inggris itu dirayakan di London dan diselamati seluruh penjuru dunia.

"Kami tak dapat lebih bahagia lagi (dari ini)," kata Pangeran William dalam pernyataan singkatnya setelah menyaksikan kelahiran anak lelakinya pada pukul 4.24 Senin sore waktu setempat atau Senin 23.24 WIB lalu.

Kantor Pangeran William mengatakan baik Kate maupun si jabang bayi berberat 3,8 kg dan akan segera diumumkan namanya nanti itu, dalam keadaan sehat walafiat dan tinggal di rumah sakit semalaman.

Pangeran William menelepon neneknya yang adalah sri ratu demi mengabarkan berita ini kepadanya.  Dia juga mengontak ayahandanya Pangeran Charles dan adiknya Pangeran  Harry. Semua yang dihubunginya mengungkapkan kegembiraannya.  Si jabang bayi menempati urutan ketiga dalam daftar pewaris tahta kerajaan setelah Pangeran Charles dan Pangeran William.

Namun perlu waktu agak lebih lama untuk mengetahui siapa namanya.  Pengumuman nama William saja memerlukan waktu lebih dari seminggu, namun sejumlah kalangan menyebut nama George sebagai favorit, disusul James.

Begitu kelahiran cicit sri ratu itu diumumkan, meledaklah sorak ceria dari para pemberkat dan media yang berkumpul di luar Rumah Sakit St. Mary di London barat di mana William juga dilahirkan dari kandungan Putri Diana pada 1982.

"Ini adalah momen yang luar biasa spesial untuk William dan Catherine, dan kami semua sangat bahagia untuk mereka atas kelahiran bayi laki-laki mereka itu," kata Pangeran Charles.

Dalam hitungan menit, pesan selamat mulai membanjiri, sedangkan orang-orang berkumpul di luar kediaman sang ratu di Istana Buckingham, London, di mana pemberitaan resmi ditempel di sebuah kuda-kuda berwarna emas di gerbang utama.

Presiden AS Barack Obama menjadi salah seorang dari para pemimpin dunia yang menyambut kelahiran ini.

"Michelle dan saya dengan sangat bahagia mengucapkan selamat kepada Duke dan Duchess of Cambridge untuk kesempatan membahagiakan dari kelahiran anak pertama mereka," kata Obama. "Kami mendoakan mereka bahagia dan dikaruniai nikmat menjadi orangtua."

Pasangan kerajaan yang bernama resmi Duke dan Duchess of Cambridge ini tiba di rumah sakit itu sebelum pukul 6 pagi waktu setempat dan masuk lewat pintu belakang untuk menghindari kepungan media Inggris dan internasional yang berkemah di luar pintu masuk utama rumah sakit tersebut.

Kate dan William, keduanya berumur 31 tahun, bertemu saat menjadi mahasiswa Universitas St. Andrews dan kemudian menikah April 2011 dalam pernikahan spektakuler yang disiarkan ke seluruh dunia, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013