Pada Sabtu seorang pria diidentifikasi bernama Ji Zhongxing (34) membawa bom rakitan dan meledakkanya di gerbang B kedatangan terminal 3 Bandara Internasional Capital Beijing.
Beijing (ANTARA News) - Pengamanan beberapa bandar udara (bandara) di China mulai ditingkatkan, pasca ledakan yang terjadi di Bandara Internasional Capital Beijing, pada Sabtu.

Pemeriksaan ketat terutama dilakukan kepada para calon dan penumpang beserta barang bawaannya, di pintu keberangkatan dan kedatangan, oleh petugas bandara dibantu aparat satuan khusus. Demikian pantauan ANTARA, Selasa.

Anjing pelacak juga ditempatkan di titik keberangkatan dan kedatangan Bandara Capital Beijing, untuk mengantisipasi aksi serupa pada akhir pekan lalu.

Pada Sabtu seorang pria diidentifikasi bernama Ji Zhongxing (34) membawa bom rakitan dan meledakkannya di gerbang B kedatangan terminal 3 Bandara Internasional Capital Beijing.

Akibat aksi pria yang menggunakan kursi roda itu, dirinya mengalami luka parah serta melukai satu orang petugas bandara setempat. Usai menjalani perawatan intensif, Ji akan diperiksa pihak keamanan untuk dimintai keterangan tentang aksinya tersebut.

Pengamanan ketat juga diberlakukan di Bandara Pudong serta Hongqiao, Shanghai, Bandara Baoan, Shenzhen dan Bandara Internasonal Sanya Phoenix, Hainan.

"Pemeriksaan tidak saja dilakukan di pintu keberangkatan tetapi juga kedatangan, termasuk kepada para penjemput juga kami periksa," kata salah satu petugas bandara Pudong, Shanghai, yang tidak mau disebutkan namanya.

Juru bicara Grup Bandara Shenzhen,operator Bandara Baoan Shenzhen--Shi Daoxiong seperti dikutip media lokal mengatakan pemeriksaan hanya memakan waktu beberapa menit.

"Ini pemeriksaan standar sesuai aturan Administrasi Penerbangan Sipil China. Inspeksi pengamanan ketat dilakukan selama tiga hari dalam satu bulan".

Sejak Senin pihak otoritas Bandara Internasonal Sanya Phoenix, Hainan juga melakukan pemeriksaan ketat terhadap para calon penumpang maupun pengunjung bandara baik untuk penerbangan domestik maupun internasional.

Pihak Administrasi Penerbangan Sipil China telah mengeluarkan pengumuman untuk meningkatkan pengamanan di seluruh bandara. Namun pihak bersangkutan enggan berkomentar lebih jauh.

Pewarta: Rini Utami
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013