"Berkaitan dengan aktivitas arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Polresta Bansara Soetta akan menurunkan kurang lebih 300 petugas dari total keseluruhan sebanyak 541 personil,"
Tangerang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Polda Metro Jaya, akan menyiapkan sebanyak 300 personel untuk dikerahkan dalam pengamanan masa arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah.

Wakapolresta Bandara Soetta, AKBP Ronald Fredy Christian Sipayung di Tangerang, Rabu mengatakan, ratusan personil itu akan ditempatkan diseluruh area terminal baik kedatangan maupun keberangkatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Jumlah pasukan pengamanan yang diterjunkan tersebut masih akan bertambah dengan bergabungnya personil dari berbagai instansi yang terlibat.

"Berkaitan dengan aktivitas arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Polresta Bansara Soetta akan menurunkan kurang lebih 300 petugas dari total keseluruhan sebanyak 541 personil," paparnya.

Selain itu penempatan pasukan juga akan dilakukan pada ruas jalan yang dilintasi pengendara baik keluar ataupun menuju bandara terbesar di Indonesia itu.

Hal tersebut, kata dia, dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas sehingga mampu mengurai apabila terjadi kemacetan.

"Tentunya pengamanan tidak hanya dilakukan pada area terminal, tetapi juga titik-titik rawan seperti pertigaan pintu masuk dan pintu keluar, Jalur Parimeter Utara, Parameter Selatan dan semua titik-titik yang banyak aktivitas masyarakat," katanya.

Ia menerangkan, Polresta Bandara Soetta telah menyiapkan sejumlah langkah dalam mengantisipasi melonjaknya jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi udara tersebut.

Diantaranya seperti mendirikan posko pelayanan, posko pengaman dan posko terpadu yang dapat memantau pergerakan penumpang di setiap terminal.

Posko-posko itu, nantinya akan dioperasikan selama dua pekan lamanya bersamaan dengan dimulainya Operasi Ketupat Jaya Hari Raya Lebaran.

"Posko pelayanan, pengamanan dan terpadu ini akan dimulai sejak H-5 sampai nanti sampai H+7 Hari Raya Idul Fitri 2024," terangnya.

Pengamanan juga akan dipertebal dengan diterjunkannya tim khusus dari Polda Metro Jaya seperti tim penjinak bom ataupun anjing pelacak.

"Tim khusus itu memang menjadi bagian dari antisipasi kami sesuai dengan kebutuhan di lapangan, jadi manakala diperlukan tentu akan dilakukan upaya-upaya deteksi di wilayah yang merupakan objek vital nasional ini," jelas dia.
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024