Alur mudik khusus sepeda motor yang akan digunakan pada musim mudik Lebaran: Tanjungpura--Johar--Lamaran--Telagasari--Wadas--Cilamaya--Krasak--Cikalong dan tembus ke jalur Pantura wilayah Karawang.
Karawang (ANTARA News) - Kondisi jalur mudik Lebaran 2013 khusus pemudik sepeda motor sudah layak untuk dilintasi para pemudik.

"Setelah titik-titik kerusakan jalannya diperbaiki, jalur mudik Lebaran khusus sepeda motor sudah cukup layak dilintasi pemudik," kata Kapolres Karawang, AKBP Tubagus Ade Hidayat, di Karawang, Selasa.

Jalur mudik khusus sepeda motor yang akan digunakan pada musim mudik lebaran itu sendiri mulai dari Tanjungpura--Johar--Lamaran--Telagasari--Wadas--Cilamaya--Krasak--Cikalong dan tembus ke jalur Pantura wilayah Karawang.

Ia mengaku tidak bisa menyebutkan kondisi jalur khusus sepeda motor itu bagus. Tetapi hanya disebutkan layak untuk dilintasi para pemudik sepeda motor.

Kapolres juga menilai sepanjang jalur mudik khusus sepeda motor itu cukup terang. Sebab di sisi kanan-kiri jalan terdapat pemukiman warga yang di depan rumahnya terdapat lampu penerang.

Hanya diakui, jalan raya lingkar By Pass Karawang dari mulai Tanjungpura sampai Lamaran perlu lampu penerang jalan umum (PJU). Karena kondisinya cukup gelap pada malam hari.

Sementara itu, Pemkab Karawang menargetkan perbaikan jalur mudik khusus sepeda motor di wilayah tersebut selesai pada H-8 atau delapan hari sebelum Lebaran 2013.

Perbaikan jalur mudik khusus sepeda motor di wilayah Karawang tersebut ditargetkan selesai pada H-8 Lebaran. Sehingga mulai H-7 Lebaran para pemudik bisa melintasi jalur mudik dengan lancar, tanpa mengalami jalan rusak.

Jalur mudik khusus sepeda motor yang akan diperbaiki sepanjang sekitar 30 kilometer. Anggaran perbaikan jalur mudik itu dialokasikan sekitar Rp9 miliar, diposting di Dinas Bina Marga dan Pengairan Karawang.

Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan setempat Acep Jamhuri mengatakan, sejak sekitar pekan terakhir, jalur mudik khusus sepeda motor dari mulai Tanjungpura sampai Cikalong sudah mulai diperbaiki.

"Jadi kita memastikan, sebelum H-8 Lebaran nanti, jalur Johar--Cikalong itu sudah selesai diperbaiki," kata Acep.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013