Palu (ANTARA) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Sulawesi Tengah menggelar syukuran memperingati Hari Ulang Tahun ke-86 kantor berita yang didirikan Adam Malik dan kawan-kawan pada 1937 tersebut.
 
"ANTARA sebagai perusahaan media saat ini memasuki usia 86 tahun, yang bukan lagi usia muda. Ibarat pertumbuhan manusia, usia 86 tahun tergolong sebagai usia lanjut atau usia tua atau bisa dikatakan sebagai media tertua," kata Kepala Kantor Berita ANTARA Biro Sulawesi Tengah Andilala pada puncak perayaan HUT ke-86 Perum LKBN ANTARA di Kota Palu, Rabu.
 
Dalam syukuran yang diperingati secara sederhana itu Andilala mengajak seluruh karyawan mensyukuri bahwa ANTARA hingga saat ini masih tetap eksis, tumbuh, dan berkembang.
 
Ia mengatakan para generasi penerus atau insan ANTARA perlu untuk selalu menjaga ruh dan marwah LKBN ANTARA sebagai Kantor Berita Indonesia.
 
"Status badan hukum ANTARA bisa berubah, tapi jiwa wartawan yang kritis, logis dan objektif harus terus hidup," katanya.
 
Menurut dia, di era digitalisasi saat ini, ANTARA sebagai media memiliki peran "clearing house" atau rumah penjernih di tengah simpang siur informasi yang tidak memenuhi standar, atau bahkan merupakan berita bohong atau hoaks.

Baca juga: LKBN ANTARA Kalbar tanam 860 pohon di batas negeri

Baca juga: Wagub Jatim harapkan ANTARA kedepankan objektivitas dan kreativitas

Baca juga: HUT Ke-86 ANTARA, Panglima harap ANTARA terus jaga akuntabilitas
 
"Berita wajib bersumber jelas yang bisa dipertanggungjawabkan, cover both side atau berimbang, dan bahkan cover multi sides," ujarnya
 
Untuk itu, dia berharap pada usianya yang ke-86 tahun LKBN ANTARA dapat semakin maju, menyajikan berita-berita berkualitas dan terus menjadi kantor berita yang berkelas dunia melalui penyediaan jasa berbagai produk multimedia.
 
Pada kesempatan itu, Kepala Kantor ANTARA Biro Sulteng juga melakukan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada salah satu mitra kerja ANTARA, yakni Kepala LPP RRI Palu Muhammad Yusridarto.
 
Syukuran tersebut, kata Andilala, juga merupakan salah satu upaya memperkuat tali silaturahim bersama dengan para mitra Kantor Berita ANTARA Sulteng.
 
Adapun rangkaian kegiatan lainnya yakni aksi penanaman mangrove yang akan dilaksanakan di Kawasan Masjid Terapung di Kelurahan Mamboro, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu pada Senin (18/12).

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2023