Acara ini diinisiasi oleh teman-teman dan tokoh alumni Gontor yang ada di Jakarta, sebagai bagian dari rasa kesyukuran kami sebagai alumni Gontor
Jakarta (ANTARA) - Pondok Modern Darussalam Gontor akan mengadakan acara tajammu' (silaturahmi) dan jalan sehat di Kawasan Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (22/10) sebagai rentetan dari acara Tasyakuran Peringatan 100 Tahun Gontor.
 
"Acara ini diinisiasi oleh teman-teman dan tokoh alumni Gontor yang ada di Jakarta, sebagai bagian dari rasa kesyukuran kami sebagai alumni Gontor," kata Panitia Tajammu' dan Jalan Sehat, Sofwan Manaf, di Jakarta, Jumat.
 
Sofwan menyebutkan acara ini akan dihadiri sekitar 10.000 orang yang terdiri atas alumni, wali santri, dan simpatisan Gontor. Acara direncanakan mulai sejak pukul 05.30 WIB setelah Shalat Subuh dan diramaikan dengan sejumlah penampilan kesenian seperti marching band, Reog Ponorogo, dan Singa Deprok.
 
Acara ini, kata Sofwan, merupakan lanjutan dari kegiatan Sujud Syukur Peringatan 100 Tahun Gontor, yang dilaksanakan pada 27 September 2023 di Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur.

Baca juga: Peringatan 100 tahun Gontor akan diawali dengan sujud syukur berjamaah
 
Dia menilai momen Peringatan 100 Tahun Gontor menjadi penting lantaran peringatan tersebut juga diiringi dengan kesuksesan Gontor sebagai lembaga pendidikan yang telah melahirkan sekitar 100.000 alumni.
 
"Dari 100.000 alumni tersebut beberapa di antaranya melahirkan sekitar 650 pondok pesantren sebagai syiar," ujar Sofwan yang juga Ketua Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor Jakarta.
 
Dalam kesempatan tersebut, mantan Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifuddin mengatakan tema Tajammu' dipilih karena memiliki makna yang mendalam bagi para alumni Gontor.

Baca juga: Khofifah: Pondok Gontor berkontribusi bangun SDM berkualitas
 
"Tidak hanya sebagai nostalgia, tapi juga recharging. Tentang apa? Nilai-nilai Gontori," ujar Lukman yang merupakan tokoh alumni Gontor.
 
Selain itu agenda jalan sehat yang dipilih juga bertujuan agar ajang tersebut dapat diikuti oleh semua kalangan baik muda ataupun tua.
 
Oleh sebab itu, Lukman berharap acara ini dapat menjadi bentuk pengejawantahan rasa syukur para alumni Gontor atas usia Pondok Modern Darussalam Gontor yang telah mencapai 100 tahun dalam penanggalan hijriah pada tahun ini.

Baca juga: Pemkab Bekasi fasilitasi keberangkatan 700 santri ke Gontor

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023