Depok (ANTARA) - Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Jawa Barat Nur Subekti mendapatkan penghargaan Pelopor Inspiratif Tahun 2023 dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Nur Subekti merupakan pegawai Pemkot Depok yang bertugas sebagai Pengelolaan Barang dan Jasa bagian Unit Kerja Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ)," kata Inspektur Pembantu Wilayah V pada Inspektorat Daerah Kota Depok Edi Nurhandi di Depok, Rabu.

Menurut dia, sebagai seorang ASN diwajibkan untuk menolak gratifikasi yang diberikan oleh masyarakat maupun pihak swasta atas ucapan terima kasih terhadap pelayanan yang sudah diberikan.

Hal tersebut tertuang dalam Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Korupsi dan Peraturan Wali Kota Nomor 71 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Pemerintah Kota Depok.

"Alhamdulillah ini adalah ASN pertama Pemkot Depok yang menerima penghargaan karena paling banyak melaporkan hasil gratifikasi ke KPK, nilainya kecil-kecil, tetapi dia patuh melapor," ujarnya.

Dia berharap sikap Nur Subekti dapat menjadi teladan bagi pegawai dan masyarakat dalam melaporkan penerimaan maupun penolakan gratifikasi. Serta membangun budaya antikorupsi di instansi Pemkot Depok.

"Tidak hanya Bu Nur, tetapi sudah banyak pegawai sampai pejabat di Pemkot Depok yang melaporkan gratifikasi, kami sangat apresiasi," jelasnya.

Dikatakannya, sikap pegawai Pemkot Depok dalam menolak gratifikasi juga atas dasar komitmen Kepala Daerah (Wali Kota Depok) yang tertuang dalam pedoman Perwal Kota Depok Nomor 71 tahun 2017.

Edi menyebut penilaian KPK terhadap Pelapor Inspiratif ini sudah dilakukan selama satu tahun, dengan melihat intensitas pelaporan gratifikasinya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Depok, Mohammad Fitriawan mengatakan Pemkot Depok bangga memiliki aparatur yang tulus dalam bekerja, tanpa pamrih, tetapi tetap prima dalam melayani masyarakat. Semoga penghargaan ini menginspirasi aparatur yang lain agar bisa meraih berbagai prestasi.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023