Jakarta (ANTARA) - Petenis putra Nick Kyrgios mengungkapkan masih ingin memperjuangkan karier tenisnya selama satu atau dua tahun lagi.

“Saya hanya ingin bermain sekitar satu hingga dua tahun lagi dan menjadi yang teratas dan keluar (sesuai) dengan keinginan saya sendiri,” kata Kyrgios, dikutip dari laporan AFP, Rabu.

Ia sebelumnya membuat pernyataan yang mengisyaratkan untuk berhenti dari olahraga tersebut dalam waktu dekat.

“Jika saya bisa bilang, sejujurnya saya tidak ingin bermain (tenis) lagi. Tapi saya hampir harus (terus bermain). Saya punya lebih banyak hal untuk ditunjukkan, tapi bagi saya, saya tidak ingin bermain (tenis) lagi,” ungkap Kyrgios.

Hal itu juga mengacu pada keputusan Kyrgios akhir pekan lalu untuk mundur dari Australian Open karena terus berjuang untuk kebugaran setelah absen akibat cedera yang panjang.

Petenis berusia 28 tahun itu menjalani operasi lutut pada Januari dan kemudian membatalkan rencananya untuk kembali di Wimbledon setelah merobek ligamen pergelangan tangannya.

Selain itu, finalis Wimbledon 2022 itu sebelumnya telah berbicara tentang perjuangannya dengan kesehatan mentalnya.

“Saya lelah, saya lelah. Saya sudah menjalani tiga operasi sekarang. Saya selalu ingin bisa memiliki keluarga dan tidak merasa kesakitan. Saat aku bangun, aku tidak bisa berjalan tanpa rasa sakit,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Kyrgios mundur dari Australian Open

Adapun Kyrgios yang mencapai peringkat tertinggi dalam kariernya di peringkat 13 dunia pada 2016 mengatakan merasa “patah hati” pekan lalu ketika ia mengundurkan diri dari Australian Open. Keputusan itu pun menimbulkan spekulasi baru tentang masa depan karier tenisnya.

“Saya tidak ingin menjalani operasi lagi atau semacamnya. Jadi saya pikir saya masih punya kemampuan untuk menjalani satu hingga dua tahun lagi (untuk bermain tenis) dengan baik,” kata petenis asal Australia tersebut.

Sementara itu, Australian Open berlangsung pada 14-28 Januari 2024 di Melbourne Park. Meskipun Kyrgios tidak akan hadir, pemenang Grand Slam 22 kali, Rafael Nadal, ikut masuk dalam daftar peserta. Ini akan menjadi turnamen pertama Nadal sejak Australian Open tahun ini karena cedera.

Ada juga juara Grand Slam empat kali Naomi Osaka yang kembali bergabung dan berkompetisi, pascamelahirkan putri bernama Shai pada Juli. Dia tidak bermain sejak September 2022 dan mengalami kesulitan dengan kesehatan mentalnya.

Baca juga: WTA belum putuskan lokasi Finals musim 2024
Baca juga: Nadal tak ingin terlalu berekspektasi saat comeback di Brisbane

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023